Kompas TV nasional rumah pemilu

Timnas AMIN Usulkan Jokowi Tonton Debat Capres-Cawapres secara Langsung: Biar Bisa Nilai

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 07:00 WIB
timnas-amin-usulkan-jokowi-tonton-debat-capres-cawapres-secara-langsung-biar-bisa-nilai
Asisten Pelatih Timnas AMIN sekaligus Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (9/1/2024). (Sumber: Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Timnas AMIN mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) secara langsung.

Saran tersebut disampaikan Asisten Pelatih Timnas AMIN Jazilul Fawaid. Ia mengatakan Presiden tak dilarang untuk menyaksikan debat karena sama seperti undangan-undangan pejabat negara.

"Kalau soal debat, ini kan tinggal dua kali lagi debat, Pak Presiden (Jokowi) juga tak dilarang untuk ikut (menyaksikan) debat," kata Jazilul di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Pernyataan tersebut ia ungkapkan guna menanggapi Jokowi yang mengatakan debat ketiga capres Pemilu 2024 pada Minggu (7/1/2024) lalu hanya menampilkan serangan-serangan personal dan minim membahas visi dan misi para kandidat.

Jika Jokowi hadir dalam debat capres-cawapres, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun menyarankan Kepala Negara bersikap netral dengan tidak duduk di barisan pendukung salah satu kandidat.

Baca Juga: Bawaslu Benarkan Ada Laporan Dugaan Fitnah Anies Baswedan Terkait Lahan 340 Ribu Ha Milik Prabowo

"Tetapi jangan duduk di jajaran pasangan calon nomor 1, nomor 2, nomor 3; untuk menunjukkan netralitas kan," ujar Jazilul.

Dia menilai Presiden Ketujuh Republik Indonesia itu perlu hadir dalam debat capres-cawapres Pemilu 2024 agar mengetahui secara langsung suasana pelaksanaan debat dari awal hingga akhir.

Debat keempat yang menghadirkan para cawapres, akan diselenggarakan pada 21 Januari 2024. Kemudian debat kelima yang menampilkan para capres, akan digelar pada 4 Februari 2024.

"Sehingga, bisa menilai langsung debat dari awal sampai akhir, tahu ada orang yang protes ke moderator, kan tahu langsung, tinggal dua kali debat," sambung Jazilul, seperti dilansir Antara.




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x