Kompas TV nasional rumah pemilu

Cerita Kaesang Temui Sultan HB X di Yogyakarta: Ngarso Dalem Beri Wejangan tentang Kepemimpinan

Kompas.tv - 14 Januari 2024, 19:10 WIB
cerita-kaesang-temui-sultan-hb-x-di-yogyakarta-ngarso-dalem-beri-wejangan-tentang-kepemimpinan
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengunggah foto bersama Gubernur DI Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Minggu (14/1/2024). (Sumber: Instagram @kaesangp)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bertemu dengan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Minggu (14/1/2024).

Saat ditemui wartawan terkait pertemuan tersebut, Kaesang sebatas menyampaikan isi pertemuan sudah dikatakan di akun Instagram-nya.

Adapun pertemuan dengan Sri Sultan HB X disebut bersifat tertutup. Dalam kesempatan tersebut, Kaesang bertemu dengan Sultan bersama istrinya.

Kaesang yang didampingi sang istri, Erina Gudono, tampak mengunggah fotonya bersama Sri Sultan di akun Instagram pribadi. Putra bungsung Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi itu mengaku Sri Sultan memberinya wejangan tentang kepemimpinan.

Baca Juga: Kampanye Rapat Umum Pemilu Dimulai 21 Januari hingga 10 Februari, Dibagi 3 Zonasi

"Sambil ngeteh dan makan jajanan pasar, kami bertukar cerita dan mendengar banyak pengalaman unik dari Ngarso Dalem selama memimpin Yogyakarta," kata Kaesang dalam takarir unggahannya di Instagram.

"Ngarso Dalem juga memberikan wejangan tentang kepemimpinan dan mengajak saya untuk selalu menjaga silaturrahmi dengan semua pihak. Yogyakarta memang selalu menjadi tempat yang nyaman untuk pulang."

Selain bertemu dengan Sultan HB X, adik cawapres Gibran Rakabuming Raka itu juga berkunjung ke Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Kaesang bertemu dengan Bupati Gunungkidul Sunaryanta di rumah dinas bupati.

Kaesang mengaku pertemuannya dengan Sunaryanta sebatas silaturahmi, tidak bicara politik.

“Santai-santai saja, tidak ada pembicaraan politik sama sekali,” kata Kaesang dikutip Antara.

Kaesang diketahui berkampanye di sejumlah lokasi di Semarang dan Yogyakarta pada akhir pekan ini. Kampanye itu dilakukan untuk menggalang dukungan bagi pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sekaligus memperkenalkan PSI—partai yang mulai dia pimpin pada September 2023.

Kaesang berharap kampanyenya kali ini dapat membuat PSI semakin dikenal publik hingga mengantarkan partainya lolos ke Senayan, setelah sebelumnya gagal pada Pemilu 2019.

Ia mengaku menargetkan PSI bisa lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold pada Pemilu 2024 mendatang. Sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ambang batas parlemen di pemilu adalah 4 persen.

Baca Juga: Hasto Sebut Seluruh Ketum Parpol Pengusung Ganjar Mahfud Siap Turun Gunung Kampanye Terbuka


 



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x