Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG, Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sejumlah Daerah di Indonesia

Kompas.tv - 23 Januari 2024, 08:22 WIB
peringatan-dini-bmkg-waspada-hujan-lebat-disertai-angin-kencang-di-sejumlah-daerah-di-indonesia
Ilustrasi hujan lebat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

Dilansir dari laman BMKG, Selasa (23/1/2024), hujan lebat diprakirakan bakal terjadi di provinsi Aceh, Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat.

Selain itu, hujan dengan intensitas tinggi ini juga diprakirakan terjadi di Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Sementara itu Bali, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Maluku Utara diprakirakan BMKG akan terjadi angin kencang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pun mengimbau masyarakat agar waspada dan siaga menghadapi cuaca ekstrem di puncak musim hujan ini.

Selain itu, Dwikorita juga memperingatkan kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek Hari Ini Selasa 23 Januari: Sebagian Wilayah Jakarta Hujan, Bogor Hujan Lebat

"Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan di bulan Januari dan Februari," kata Dwikorita dikutip dari Antara.

"Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," imbuhnya.

Dwikorita menambahkan, untuk wilayah atau daerah dataran tinggi yang rawan longsor dan banjir, dia meminta masyarakat mewaspadai dampak cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

"Sebaiknya, secara berkala atau sebelum beraktivitas, masyarakat memantau informasi cuaca yang dikeluarkan resmi oleh BMKG. Dengan begitu dapat lebih antisipatif jika sewaktu-waktu terjadi cuaca ekstrem," imbaunya.

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menambahkan bahwa adanya potensi hujan sedang dan lebat wilayah Jawa terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur pada periode 20-23 Januari 2024.

Kemudian untuk periode 24-26 Januari 2024, potensi hujan sedang dan lebat terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur. 

Baca Juga: Waspada, BMKG Prediksi 31 Wilayah Ini Alami Cuaca Ekstrem Hujan dan Angin Kencang 22-23 Januari 2024


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x