Kompas TV nasional politik

Malam-Malam Mahfud Bertemu Mensesneg Pratikno Minta Izin Menghadap Presiden, Ingin Pamitan?

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 19:50 WIB
malam-malam-mahfud-bertemu-mensesneg-pratikno-minta-izin-menghadap-presiden-ingin-pamitan
Menkopolhukam Mahfud MD dalam konferensi pers di kantor Kemenkopolhukam, Rabu (3/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menkopolhukam Mahfud MD telah bertemu Mensesneg Pratikno. Pertemuan keduanya berlangsung, Senin (29/1/2024) malam kemarin. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan pertemuan tersebut terjadi sekitar pukul 19.15 WIB, Senin. 

Menurut Ari dalam pertemuan tersebut, Mahfud tidak memberikan surat pengunduran diri, tapi ingin meminta bertemu dengan Presiden Jokowi melalui Mensesneg Pratikno. 

"Dalam pertemuan tadi malam, Bapak Menkopolhukam, Bapak Mahfud MD belum menyampaikan surat pengunduran diri," ujar Ari di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (30/1/2024), dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Ari menambahkan permohonan Mahfud untuk bertemu Presiden telah diterima oleh Pratikno. Dalam kesempatan itu juga dijelaskan Presiden Jokowi sedang berada di luar kota.

Baca Juga: Soal Mundur dari Jabatan Menteri Menko Polhukam, Mahfud: Tunggu Momentum

Dijadwalkan Presiden kembali ke Jakarta dari agenda kunjungan ke daerah-daerah pada Kamis (1/2).

"Pak Mensesneg akan melaporkan permohonan Pak Menkopolhukam kepada presiden pada kesempatan yang sama, setelah pak presiden kembali ke Jakarta," ujar Ari. 

Lebih lanjut Ari tidak bisa memastikan permohonan Mahfud bertemu presiden untuk izin pamit mundur dari Kabinet Indonesia Maju. 

Namun pejabat negara yang ingin mengundurkan diri, bisa melalui surat yang tertuju ke presiden Jokowi melalui Kementerian Sekretariat Negara. 

"Mekanisme engak ada pakem, tapi ada berbagai cara disampaikan dan Pak Mahfud menyampaikan kepada Pak Mensesneg permohonan untuk menghadap presiden," ujar Ari.

Baca Juga: Ramai Salam 4 Jari, TPN Ganjar-Mahfud: Masyarakat Jengah Lihat Pejabat Kampanye Terselubung

Alasan Mundur 

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD sebelumnya telah menyatakan akan mundur dari jabatannya sebagai Menkopolhukam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x