Kompas TV nasional politik

Profil AHY yang Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN Kabinet Jokowi, Punya 3 Gelar Master

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 11:48 WIB
profil-ahy-yang-resmi-dilantik-jadi-menteri-atr-bpn-kabinet-jokowi-punya-3-gelar-master
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Merdeka, Rabu (21/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY resmi dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu (21/2/2024).

Dalam pelantikan yang digelar di Istana Merdeka, AHY mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian sumpah yang dikatakan AHY, mengikuti Jokowi.

Baca Juga: AHY Temui Prabowo Sebelum Dilantik Presiden Jokowi Jadi Menteri ATR/BPN

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.”

Profil AHY

AHY merupakan putra sulung dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Ia lahir di Bandung pada 10 Agustus 1978 dan menjalani pendidikan di Akademi Militer (Akmil).

Melansir Kompas.id, AHY merupakan lulusan terbaik Akmil pada tahun 2000. Tak hanya itu, AHY juga menyelesaikan pendidikan formalnya.

Ia memiliki tiga gelar master dari Nanyang Technological University, Singapura tahun 2006, Harvard University, Amerika Serikat tahun 2010, dan Webster University Amerika Serikat tahun 2015 dengan meraih predikat Summa Cum Laude.

Pada 23 September 2016, pria 45 tahun ini mengundurkan diri dari dunia militer dengan pangkat terakhir Mayor Infanteri dan ikut dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2017.

Suami Annisa Pohan ini maju ke Pilkada DKI dengan menggandeng Sylviana Murni. Ia melawan pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sayangnya, langkahnya terhenti di putaran pertama Pilkada DKI Jakarta 2017.

Baca Juga: SBY Beri Restu AHY yang Akan Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR/BPN

Pada 2019, ia ditunjuk untuk menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat. Hingga pada 15 Maret 2020, AHY secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025.


Pada kontestasi Pilpres 2024, Partai Demokrat mengusung AHY untuk maju sebagai capres atau cawapres.

AHY sempat disebut akan mendampingi Anies Baswedan yang diusung oleh Koalisi Perubahan. Namun, Anies justru dipasangkan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.



Sumber : Kompas TV, Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x