Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasil Rekapitulasi KPU 3 Maret di 16 PPLN: Prabowo Raih 6 Ribu Suara, Ganjar 2 Ribu, Anies 600-an

Kompas.tv - 3 Maret 2024, 22:03 WIB
hasil-rekapitulasi-kpu-3-maret-di-16-ppln-prabowo-raih-6-ribu-suara-ganjar-2-ribu-anies-600-an
 Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar rapat pleno rekapitulasi suara di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (3/3/2024). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar rapat pleno rekapitulasi suara di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (3/3/2024). Per Minggu (3/3) siang, rapat pleno mengesahkan penghitungan di 16 wilayah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Rapat pleno ini digelar dalam dua sesi. Sesi pertama dipimpin langsung oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Sedangkan sesi kedua dipimpin oleh komisioner KPU, Mochammad Afifuddin.

Hasilnya, dari 16 wilayah PPLN, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat tambahan perolehan suara terbesar, mencapai 6.487 suara. Paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat tambahan 2.131 suara.

Baca Juga: Ramai Isu Penggelembungan Suara Partai Tertentu, Pakar: KPU Harus Upload 100 Persen Formulir C Hasil

Sementara itu, paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat tambahan 604 suara. Paslon nomor urut 1 ini hanya menang di satu wilayah dari 16 wilayah PPLN yang direkapitulasi pada Minggu (3/3).

Adapun Anies-Muhaimin tercatat menang di wilayah PPLN Tunis, Tunisia. Ganjar-Mahfud menang di lima wilayah PPLN, yakni PPLN Helsinki Finlandia, PPLN Canberra Australia, PPLN Chicago Amerika Serikat, PPLN Brasilia Brasil, dan PPLN Bogota Kolombia.

Paslon Prabowo-Gibran tercatat menang di 10 wilayah PPLN, yakni di PPLN Moskow Rusia, PPL Tashkent Uzbekistan, PPLN Phnom Penh Kamboja, PPLN Caracas Venezuela, PPLN Paramaribo Suriname, PPLN Bratislava Slowakia, PPLN Bukares Rumania, PPLN Budapest Hongaria, PPLN Port Moresby Papua Nugini, serta PPLN Beirut Lebanon.

KPU sendiri menargetkan rekapitulasi penghitungan suara dari luar negeri bisa selesai selambatnya pada Senin (4/3) besok. Anggota KPU Idham Holik menyebut tinggal beberapa hasil penghitungan suara PPLN yang belum direkapitulasi.

"Proses rekapitulasi hasil perolehan suara dari luar negeri yang dilakukan oleh KPU RI itu alhamdulillah berjalan lancar. Sampai dengan sore hari ini sudah lebih dari 90 persen PPLN yang telah menyelesaikan pembacaan dokumen formulir Model D.Hasil PPLN," kata Idham dikutip Antara, Minggu (3/3.

Baca Juga: Dalam 3 Hari Suara PSI Meroket di Real Count, KPU: Tunggu Hasil Rekapitulasi Berjenjang


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x