Kompas TV nasional politik

Cerita Suka Duka Demokrat 9 Tahun 4 Bulan di Luar Pemerintah, AHY: Begitu Masuk Saya Merasa Nyaman

Kompas.tv - 8 Maret 2024, 21:35 WIB
cerita-suka-duka-demokrat-9-tahun-4-bulan-di-luar-pemerintah-ahy-begitu-masuk-saya-merasa-nyaman
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menceritakan posisinya saat ini berada di Kabinet Indonesia Maju kepada pengurus dan kader Partai Demokrat di DPP Partai Demokrat, Jumat (8/3/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrat resmi bergabung dalam koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin setelah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk Kabinet Indonesia Maju. 

AHY menjelaskan langkah Partai Demokrat masuk ke Kabinet Indonesia Maju merupakan cara untuk mengeksekusi kebijakan. 

Menurutnya selama 9 tahun 4 bulan berada di luar pemerintahan, Demokrat hanya bisa mengimbau, mengingatkan dan mengkritisi. 

Namun tidak bisa mengeksekusi kebijakan dan program-program pro rakyat yang sebetulnya selama ini Demokrat perjuangkan.

"Walaupun sebagai pendatang terakhir, pendatang terbaru begitu masuk (kabinet) saya merasa nyaman. Mengapa? Karena para sahabat yang ada di Kabinet Indonesia Maju juga menerima dengan tangan terbuka, begitu hangat," ujar AHY di DPP Partai Demokrat, Jumat (8/3/2024). 

Baca Juga: Cerita AHY Kaget Fotonya di Baliho Pakai Seragam Baru ATR Berbintang 4: Padahal Belum Punya Saya

AHY juga meminta kadernya tak ragu menyampaikan kepada masyarakat mengenai posisi politik Demokrat saat ini. 

Menurutnya pasti ada pandangan sinis yang muncul mengingat Demokrat sebelumnya berada di luar pemerintahan sebagai oposisi.

Namun hal tersebut tidak perlu ditanggapi dengan emosi. Sebab posisi Demokrat di pemerintahan merupakan amanah dari rakyat dan untuk memperjuangakan program yang selama ini Demokrat perjuangkan.

"Jadi kalau melihat suka duka jatuh bangun Demokrat 9 tahun 4 bulan terakhir ini, kita harus mensyukuri posisi kita hari ini sebagai sebuah bentuk amanah yang harus kita pertanggung jawabkan lahir batin," ujar AHY. 

"Hanya mereka yang berada di lembaga eksekutif yang bisa mengeksekusi kebijakan dan program-program pro rakyat yang sebetulnya selama ini Demokrat perjuangkan," tambah AHY. 

Baca Juga: Andi Mallarangeng: Ada Peran Prabowo dalam Proses Bergabungnya Demokrat di Pemerintahan Jokowi

Sikap Tetap Sama

Lebih lanjut AHY menegaskan meski berada di pemerintahan sikap partai Demokrat masih tetap sama dari sebelumnya. 

Saat di luar pemerintahan Demokrat menegaskan sikap untuk ikut berperan dalam kemajuan negara. Peran memajukan negara itu dilakukan Demokrat dengan mengingatkan pemerintah. Sekarang saat di pemerintahan semangat tersebut tetap sama.

"Ketika dulu di luar sekarang di dalam semangatnya tetap sama. Oleh karena itu jangan pernah ragu menyampaikan posisi standing Demokrat seperti itu. Kalau ada yang masih saja nyinyir dan sebagainya ya biarkan saja, biasa saja itu bagian dari politik dan demokrasi," ujar AHY. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Baca Juga: Kritik AHY soal Proyek Pembangunan IKN - ARSIP KOMPASTV 

Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPR sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 berlangsung di Istana Negara, Rabu (21/02/2024).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x