Kompas TV nasional rumah pemilu

Caleg DPR RI Partai NasDem dari Dapil NTT II Mengundurkan Diri

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 20:05 WIB
caleg-dpr-ri-partai-nasdem-dari-dapil-ntt-ii-mengundurkan-diri
Anggota KPU RI Augut Mellaz (kanan) menerima surat pengunduran diri caleg DPR RI Partai NasDem dari Dapil NTT II di gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3/2024). (Sumber: Antara/Rio Feisal)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai NasDem Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur II, Ratu Ngadu Bonu Wulla, mengundurkan diri.

Pengunduran diri caleg nomor urut 5 tersebut disampaikan oleh saksi dari Partai NasDem dan diterima Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz yang sedang memimpin Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional panel B di Jakarta, Selasa (12/3/2024).

"Baik, terima kasih untuk saksi dari Partai NasDem. Tentu, suratnya kami terima. Nanti kami akan pelajari sendiri," kata Mellaz di gedung KPU, dikutip Antara.

Mellaz mengaku tidak akan menyampaikan substansi dari surat pengunduran diri tersebut dalam forum rekapitulasi.

Baca Juga: Hasil Suara Tak Sesuai Data, Ganjar-Mahfud Bakal Ajukan Gugatan Pemilu ke MK

"Kami juga tidak akan sampaikan di forum ini substansinya apa karena yang pasti ini kan prosesnya memang rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilu, baik Presiden-Wakil Presiden, DPR dan DPD untuk Provinsi NTT," ujarnya.

Sementara saksi dari Partai NasDem yang menyerahkan surat pengunduran diri tersebut, mengatakan surat itu merupakan surat dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Saya ingin menyampaikan ada surat dari Ketua Umum Partai NasDem pada KPU dan juga nanti ditembuskan kepada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) RI terkait dengan pengunduran diri calon anggota legislatif nomor urut 5 di NTT II," ujar saksi tersebut.

Menurutnya, alasan pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla sesuai dengan kehendak yang bersangkutan.

"Alasan pengunduran diri sesuai dengan kehendak yang bersangkutan dan di atas meterai. Dan untuk itu karena suratnya ke KPU RI, saya tidak berhak untuk membacakan, dan lampirannya juga ada di dalamnya,” ucapnya.

“Dengan demikian, perlu kami sampaikan dalam forum terbuka ini bahwa calon anggota legislatif Partai NasDem nomor urut 5 Dapil NTT II menyatakan mengundurkan diri," katanya.

Berdasarkan rekapitulasi yang disahkan KPU RI, Ratu Ngadu Bonu Wulla yang merupakan legislator DPR RI periode 2019-2024, meraih 76.331 suara.

Baca Juga: DPR Segera Panggil KPU dan Bawaslu Bahas Evaluasi Pemilu 2024

Anggota Komisi IX DPR RI tersebut memperoleh suara terbanyak dibandingkan enam calon lainnya dari Partai NasDem di Dapil NTT II.

Sementara posisi kedua ditempati caleg nomor urut 1, mantan Gubernur NTT periode 2018-2023 Victor Bungtilu Laiskodat, yang mendapatkan 65.359 suara.

Secara keseluruhan, Partai NasDem dan calegnya mendapatkan 207.732 suara di NTT, meliputi 10.831 orang yang memilih partainya saja.


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x