Kompas TV nasional politik

Menantu Jokowi Diusulkan Jadi Calon Bupati Sleman, Waketum Gerindra Sambut Positif

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 19:50 WIB
menantu-jokowi-diusulkan-jadi-calon-bupati-sleman-waketum-gerindra-sambut-positif
Menantu Jokowi, Erina Gudono, bersama sang suami, Kaesang Pangarep. (Sumber: Instagram)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyambut positif wacana menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono, menjadi calon bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Pilkada Serentak 2024. 

Dia menyebut partainya memiliki kebijakan politik mendorong perempuan untuk mengisi jabatan publik. 

Baca Juga: Begini Respons Ganjar-Mahfud Soal Mantu Jokowi, Erina Masuk Bursa di Pilkada Sleman

"Kebetulan beliau (Erina) juga perempuan, jadi nyambung dengan kebijakan politik Gerindra yang mendorong kaum perempuan untuk bisa mengisi jabatan-jabatan publik," kata Habiburokhman kepada wartawan, Selasa (12/3/2024).

Selain itu, kata dia, keluarga Erina pun ikut bekerja keras memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

"Yang juga penting kader menganggap keluarga beliau juga all out menangkan Pak Prabowo pada Pilpres kemarin," ujarnya.

Menurutnya, ada banyak pertimbangan mengapa Erina ingin diusung sebagai calon bupati.

"Saya dengar pertimbangan teman-teman bahwa beliau sosok anak muda yang cerdas dan peduli pada soal-soal kerakyatan," ujarnya.

Habiburokhman mengaku belum memastikan apakah Erina sudah secara resmi diusulkan oleh DPC atau belum. 

"Secara resmi saya belum cek apakah usulan sudah resmi diajukan. Mekanisme di Gerindra calon bupati bisa diajukan ke DPP melalui DPD tingkat provinsi. Nanti di level DPP akan dibahas, dan keputusan terakhir ada di tangan Pak Prabowo selaku Ketum sekaligus Ketua Dewan Pembina," katanya. 

Sebelumnya, peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyebut lirikan Partai Gerindra terhadap Erina didasari atas popularitas yang dimiliki menantu Jokowi tersebut. 

"Tidak bisa dipungkiri, Erina saat ini menjadi sosok yang populer, karena ia sendiri adalah model dan ditambah lagi saat ini adalah menantu Jokowi, istri Kaesang. Modal popularitas ini adalah modal yang paling utama," tuturnya, dikutip dari tayangan Kompas Malam KOMPAS TV, Sabtu (9/3/2024). 

Baca Juga: Begini Respons Ganjar-Mahfud Soal Mantu Jokowi, Erina Masuk Bursa di Pilkada Sleman

"Kemudian selanjutnya, saya lihat latar belakang Erina ini kan merupakan sosok aktivis pada dasarnya, Miss Indonesia. Lalu pada beberapa kesempatan saat diwawancara, jawaban dia cukup meyakinkan sebagai sosok public figure yang mengetahui isu-isu krusial serta politik," sambungnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x