Kompas TV nasional politik

PAN Minta PPP Deklarasikan Dukungan jika Ingin Gabung dengan Koalisi Pemerintahan Prabowo-Gibran

Kompas.tv - 16 April 2024, 13:00 WIB
pan-minta-ppp-deklarasikan-dukungan-jika-ingin-gabung-dengan-koalisi-pemerintahan-prabowo-gibran
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay (Sumber: Dokumen pribadi)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Amanat Nasional (PAN) meminta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendeklarasikan dukungan secara resmi jika ingin bergabung dengan koalisi pemerintahan capres-cawapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Yang berwacana mau bergabung itu banyak, itu bagus aja. Akan tetapi, pengakuan juga penting. Paling tidak untuk menjaga kohesivitas dan keteduhan di tengah masyarakat,” ujar Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Saleh menuturkan, partai politik bergabung ke dalam koalisi yang menjadi pemenang pilpres merupakan hal yang lumrah di dunia politik.

Selain itu, dia menilai langkah tersebut baik untuk memperkuat persatuan dalam membangun bangsa.

Baca Juga: PPP Siap Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran jika Diajak: Membangun Indonesia Harus Bersama

Namun, Saleh menambahkan, berlabuhnya parpol dalam koalisi tentu perlu didiskusikan dengan internal partai-partai yang telah lebih dulu berada di dalam aliansi.

“Diminta pendapatnya, dirumuskan bagaimana pola kerja sama dan tidak lupa pula dibicarakan apa yang akan diberi dan didapat. Itu lumrah saja di dalam politik,” jelasnya.

Saleh lebih lanjut berpesan, jika memang PPP ingin bergabung ke dalam koalisi pemerintah, harus siap mengikuti kontrak politik yang telah ditetapkan partai-partai pendukung Prabowo-Gibran.

“Yang penting jangan bikin syarat-syarat yang rumit. Semua harus dipercayakan kepada Prabowo-Gibran,” ujar Saleh, seperti dikutip Antara.



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x