Kompas TV nasional peristiwa

Tim Cook Respons Keinginan Jokowi Bangun Pabrik Apple di Indonesia: Akan Kami Wujudkan

Kompas.tv - 17 April 2024, 12:11 WIB
tim-cook-respons-keinginan-jokowi-bangun-pabrik-apple-di-indonesia-akan-kami-wujudkan
CEO Apple Tim Cook, didampingi Menperin Agus Gumiwang dan Menkominfo Budi Arie Setiadi saat melakukan konferensi pers di sekitar Istana Negara usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Rabu (17/4/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - CEO Apple Tim Cook mengatakan akan mewujudkan pembangunan pabrik Apple di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan CEO Apple Tim Cook setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4/2024).

“Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat banyak pabrik di negara ini, dan itu adalah sesuatu yang akan kami wujudkan,” ucapnya.

Menurut Tim Cook, Indonesia adalah negara yang cukup bagus dan bisa dipercaya untuk melakukan investasi.

“Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia sangat besar. Saya pikir ada banyak tempat yang bagus untuk berinvestasi dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini,” ujar Tim Cook.

Baca Juga: Pakar Sebut MK Durhaka jika Abaikan Pernyataan Megawati sebagai Amicus Curiae

Selain itu, Tim Cook mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi Apple.

“Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami, dan saya mengobrol baik dengan presiden tentang komitmennya terhadap negara,” katanya.

Atas dasar itu, Tim Cook mengaku pihaknya membuka akademi pengembangan untuk membuat aplikasi di Bali.

“Kami membuka akademi pengembangan ke-4, kami baru mengumumkannya kemarin, yang ini akan berada di Bali. Kami sangat bersemangat karena 3 orang telah tampil, meluluskan ribuan orang dan mampu membuat aplikasi melalui toko aplikasi yang menarik, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Jadi kami sangat gembira,” ucapnya.

Tim Cook kemudian dikonfirmasi bagaimana dengan regulasi yang ada di Indonesia untuk niatnya berinvestasi membangun pabrik Apple. Tim Cook menuturkan, perihal regulasi belum menjadi pembahasan dalam pembicaraan dengan Presiden Jokowi.

“Saya tidak punya komentar apapun tentang itu hari ini,” ucapnya.

Baca Juga: Cak Imin Ikut Sedih Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi oleh KPK

Namun lebih lanjut Tim Cook menegaskan akan kembali melakukan pertemuan untuk membahas tindaklanjut dari rencana pembangunan pabrik Apple di Indonesia.

“Saya pikir kami melakukan percakapan yang menyenangkan dan saya sangat menghargai waktu bersamanya. Itu adalah dialog tentang seberapa besar potensi yang ada di negara ini dan komitmen kita untuk mewujudkannya. Terima kasih banyak,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Cook juga mengaku sangat menyukai budaya di Indonesia hingga semangat pemudanya.


“Saya cinta Indonesia, saya suka nuansa di sini, budayanya, saya suka pemudanya, semangatnya, dinamisme lingkungan setempat. Oleh karena itu, saya melihat semua elemen utama negara ini, yang saat ini berjalan dengan baik, akan menjadi lebih baik lagi di masa depan. Saya pikir masa depan sangat cerah,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x