Kompas TV nasional politik

PSI Percaya Diri Usung Kader Sendiri di Pilkada 2024, DKI Jakarta dan Solo Jadi Sasaran

Kompas.tv - 20 April 2024, 06:40 WIB
psi-percaya-diri-usung-kader-sendiri-di-pilkada-2024-dki-jakarta-dan-solo-jadi-sasaran
Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie (depan, kedua dari kiri) menyerahkan surat keputusan pengangkatan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI saat acara Kopi Darat Nasional: Deklarasi Politik PSI di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023). (Sumber: Rony Ariyanto Nugroho/Kompas.id)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berencana mengusulkan calon kepala daerah sendiri di Pilkada Serentak 2024. 

Daerah yang menjadi prioritas PSI untuk mengusulkan calon kepala daerah di Pilkada 2024 yakni DKI Jakarta. 

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan wacana mencalonkan kepala daerah sendiri tidak terlepas dari perolehan suara PSI di sejumlah daerah. 

Ia menginginkan calon kepala daerah yang diusung bukan dari eksternal partai melainkan kader internal PSI.

Dilihat dari perolehan suara dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 DPRD di DKI Jakarta misalnya, PSI sudah punya cukup modal untuk mengusung kadernya sendiri pada Pilgub DKI 2024. 

Baca Juga: Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Diusung dalam Pilkada Jakarta 2024

Kaesang berencana mengusulkan kader PSI sebagai calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada DKI 2024. 

"Karena kalau yang kita lihat sekarang kan kita punya beberapa (daerah) yang mungkin cukup banyak kursinya, salah satunya adalah Jakarta, di mana saya rasa kita bisa sebagai cawagub nanti untuk di DKI," ujar Kaesang di sela-sela acara halalbihalal Rumah Juang Relawan Jokowi (RJ2), Jumat (19/4/2024).

Dia menambahkan, tidak hanya di Pilgub DKI, kader PSI juga bisa diproyeksikan maju dalam pilkada tingkat kabupaten/kota di beberapa daerah lain, seperti di Jawa Tengah. 

Menurutnya, perolehan kursi PSI di beberapa daerah di Jawa Tengah cukup untuk mendorong kadernya sebagai calon kepala daerah. 

"Jawa Tengah mungkin juga kita juga akan mengajukan calon kita sendiri juga, walaupun kita cuma punya dua kursi, Semarang kita punya lima, dan pastinya Solo, Solo mengajukan sendiri juga," ujar Kaesang.

Baca Juga: Punya Jagoan Sendiri, Gerindra Tak Lagi Usung Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024

Lebih lanjut Kaesang meyakini PSI punya posisi tawar yang cukup untuk berkoalisi dengan partai politik lain di Pilkada Serentak 2024. 

Seperti di beberapa daerah di Surabaya, Nusa Tenggara Timur, serta di Tanimbar, Maluku. Perolehan suara PSI cukup untuk mendorong kader terbaiknya sebagai calon kepala daerah. 

"Di Tanimbar kemungkinan kita akan maju sebagai bupatinya juga. Jadi kemungkinan ada beberapa partai yang bergabung dengan PSI untuk di beberapa pilkada," ujar Kaesang, dikutip dari Kompas.com.


 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x