Kompas TV nasional politik

Jokowi: Pemerintah Dukung Proses Transisi dari Pemerintahan Sekarang ke Pemerintahan Baru

Kompas.tv - 23 April 2024, 11:08 WIB
jokowi-pemerintah-dukung-proses-transisi-dari-pemerintahan-sekarang-ke-pemerintahan-baru
Presiden Jokowi meninjau panen raya jagung di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo pada Senin (22/04/2024). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

MAMUJU, KOMPAS.TV – Pemerintah saat ini akan mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke pemerintahan baru karena sudah ada putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Penjelasan itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di sela kunjungannya di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (23/4/2024).

“Pemerintah mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke nanti pemerintahan baru. Akan kita siapkan, karena sekarang MK sudah (putuskan), tinggal nanti penetapan oleh KPU besok ya,” kata Jokowi, dikutip dari laman resmi Presiden RI.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah mengormati putusan MK yang final dan mengikat.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Tinjau Operasional Alat Deteksi Kesehatan Baru di RSUD Toto Kabila

“Ya pemerintah menghormati putusan MK yang final dan mengikat,” tuturnya.

Menurut Jokowi, pertimbangan hakim MK yang menyatakan tuduhan ketidaknetralan pemerintah tidak dapat dibuktikan merupakan sesuatu yang penting bagi pemerintahan saat ini.

“Dan pertimbangan hukum dari putusan MK yang juga menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan kepada pemerintah, seperti kecurangan, intervensi aparat, kemudian politisasi bansos, kemudian mobilisasi aparat, ketidaknetralan kepala daerah, telah dinyatakan tidak terbukti.”

“Ini yang penting bagi pemerintah, ini,” tegasnya.

Baca Juga: Hari Putusan Sengketa Pilpres, Gibran Tetap Berkantor di Balaikota

Saat ini, lanjut Jokowi, waktunya untuk semua elemen bangsa bersatu, sebab faktor eksternal gepolitik menekan semua negara di dunia.

“Dan menurut saya, ini saatnya kita bersatu karena faktor eksternal geopolitik betul-betul menekan ke semua negara; saatnya bersatu, bekerja, membangun negara kita.”


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x