Kompas TV nasional politik

Pastikan Tidak Turun Gunung ikut Kampanye Pilkada PSI, Jokowi: Itu Urusan Partai

Kompas.tv - 2 Mei 2024, 19:00 WIB
pastikan-tidak-turun-gunung-ikut-kampanye-pilkada-psi-jokowi-itu-urusan-partai
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi keterangan usai meninjau panen jagung di Kelurahan Brang Biji, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis (2/5/2024). (Sumber: YouTube Sekretariat Kabinet)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan tidak akan turun gunung untuk mendukung calon kepala daerah dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sebelumnya Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berharap Jokowi bisa ikut membantu PSI dalam Pilkada 2024. 

Hal itu sampaikan Kaesang saat mengadakan acara pembekalan anggota legislatif terpilih PSI di Hotel Aryaduta, Menteng, Jumat (26/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Kaesang juga meyakini harapannya Jokowi membantu PSI di Pilkada dapat dipenuhi mengingat saat Pilkada serentak 2024 nanti sudah tidak menjabat lagi sebagai presiden.

Menanggapi harapan sang anak, Jokowi menegaskan masalah kampanye dalam Pilkada 2024 merupakan urusan PSI sebagai partai politik. 

Baca Juga: PSI Percaya Diri Usung Kader Sendiri di Pilkada 2024, DKI Jakarta dan Solo Jadi Sasaran

"Oh itu urusannya PSI-lah," ujar Jokowi usai meninjau panen jagung di Kelurahan Brang Biji, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis (2/5), disiarkan melalui YouTube Sekretariat Kabinet.

Presiden Jokowi juga kembali menegaskan tidak memiliki urusan dengan PSI. Jokowi tidak ingin ikut campur tangan untuk daerah mana PSI harus mendorong kadernya di Pilkada 2024. 

Begitu juga saat ditanya mengenai pesan untuk PSI akan mengutamakan daerah mana saja di Pilkada serentak. Hal tersebut merupakan urusan dan kewenangan dari partai dan Kaesang selaku ketua umum PSI. 

"itu urusannya PSI-lah, tanya ke Ketua PSI," ujar Jokowi.

Dalam penutupan pembekalan anggota legislatif terpilih PSI di Hotel Aryaduta, Menteng, pada Jumat, 26 April 2024, Kaesang sempat menyampaikan pesan Jokowi terkait pendaftaran bakal calon kepada daerah untuk Pilkada 2024. 

Baca Juga: Ini Arahan Jokowi ke TKN Prabowo-Gibran untuk Pilkada Serentak

Dilansir dari pemberitaan Tribunnews.com, menurut Kaesang, ayahnya berpesan agar kader PSI maju pada Pilkada. 

Salah satunya di NTT yaitu Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Christian Widodo agar maju dalam Pemilihan Wali Kota Kupang.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x