Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Kota Besar Jumat 17 Mei 2024

Kompas.tv - 17 Mei 2024, 08:55 WIB
bmkg-waspada-potensi-hujan-lebat-dan-angin-kencang-di-sejumlah-kota-besar-jumat-17-mei-2024
Ilustrasi angin kencang. (Sumber: Shutterstock/Underworld/Ist. Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sejumlah kota besar di Indonesia pada Jumat (17/5/2024).

Peringatan tersebut mencakup potensi hujan ringan, sedang, hingga lebat yang dapat disertai dengan kilat dan angin kencang.

Mengutip laman resmi BMKG, diperkirakan beberapa kota besar seperti Tanjung Pinang, Padang, Banda Aceh, Pangkal Pinang, Bengkulu, dan Gorontalo akan mengalami hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.

Sementara kota-kota besar lain seperti Manado, Palu, Mamuju, Kendari, dan Jayapura diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Di sisi lain, wilayah seperti Tanjung Selor, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Ternate, Manokwari, dan Ambon berpotensi mengalami hujan ringan. Adapun daerah lainnya diperkirakan akan mengalami cuaca berawan tebal.

Baca Juga: BMKG Rekayasa Cuaca di Sumbar hingga 19 Mei, Cegah Banjir Lahar Susulan

Secara khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprediksikan seluruh wilayah akan mengalami cuaca cerah berawan pada pagi hingga siang hari, dan kondisi akan berganti menjadi cerah di seluruh wilayah pada malam harinya.

BMKG menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik saat ini tengah berada di Laut Andaman dan Laut Natuna. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi.

Terkait prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir rob di sepanjang pesisir Kepulauan Riau dan pesisir utara Jawa Tengah.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terkini dari BMKG untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana terkait cuaca ekstrem.

Selain itu, penting untuk mematuhi imbauan dan arahan dari pihak berwenang setempat dalam upaya mitigasi bencana.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG, 17 Wilayah Berpotensi Alami Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 17-18 Mei 2024



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x