Kompas TV nasional politik

Analis Politik Beberkan Sejumlah Tantangan jika Anies akan Maju Pilkada Jakarta: Sulit Dapat Partai

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 17:48 WIB
analis-politik-beberkan-sejumlah-tantangan-jika-anies-akan-maju-pilkada-jakarta-sulit-dapat-partai
Anies Baswedan berbicara dengan media di sela-sela acara halalbihalal yang diadakan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Ada sejumlah tantangan yang akan dihadapi oleh Anies Baswedan jika berencana untuk kembali maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta.

Analisis itu disampaikan oleh analis politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin. Menurutnya, salah satu tantangan adalah upaya mendapatkan koalisi partai politik pengusung.

Sebab, menurutnya, situasi politik saat ini berbeda jika dibandingkan dengan momen Anies maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 silam.

"Saat ini Anies akan kesulitan, akan berat untuk bisa mendapatkan partai politik," kata Ujang, dikutip dari pemberitaan Tribunnews.com, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga: Mengaku Belum Komunikasi dengan Anies di Pilkada Jakarta, Hasto Sebut PDI-P Dengarkan Masukan Rakyat

Bahkan, menurutnya, situasi bakal semakin menyulitkan Anies jika kubu Prabowo-Gibran mengusung jagoannya di Pilkada Jakarta 2024 nanti.

"Apalagi koalisi bisa maju, ya kubu Prabowo-Gibran akan mengusung jagonya dari Gerindra. Tentu ini membuat tantangan sendiri bagi Anies," ungkap Ujang.

Sebelumnya, Anies menyebut akan mempertimbangkan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu dikatakannya setelah mendapat dukungan dari warga agar maju di Pilkada Jakarta 2024 saat menghadiri acara silaturahmi dan halal bihalal dengan PKL dan Warga Kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota di Kampung Marlina, Minggu (19/5/2024).



Sumber : Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x