Kompas TV nasional hukum

Polisi Dalami Narkopolitik, Modus Kampanye Narkoba Caleg PKS Jadi Anggota Dewan di Aceh Tamiang

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 10:54 WIB
polisi-dalami-narkopolitik-modus-kampanye-narkoba-caleg-pks-jadi-anggota-dewan-di-aceh-tamiang
Calon legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Terpilih di Aceh Tamiang, Sofyan (S) tiba di Lobi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Jakarta, Senin (27/5/2024). (Sumber: KOMPAS.com/Rahel Narda Chaterine)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sofyan (S), caleg Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang terpilih dari PKS kini menjadi tahanan Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri. 

Sofyan ditetapkan tersangka dan ditahan terkait peredaran sabu seberat 70 kilogram di Manyak Payed, Aceh Tamiang. 

Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Mukti Juharsa menjelaskan pihaknya sedang mendalami dugaan penggunaan dana hasil narkoba dan peredaran sabu untuk kepentingan politik tersangka. 

Dari hasil pemeriksaan awal, tersangka S mengaku sebagian barang haram tersebut digunakan untuk kebutuhan kampanye caleg, atau narkopolitik. 

"Ya ini kita dalami dulu apakah betul narkopolitik, tapi pengetahuan tadi interogasi dia ada sebagian, sebagian barang itu untuk kebutuhan dia men-caleg," ujar Mukti di lobi Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Baca Juga: Detik-Detik Caleg PKS Aceh Tamiang Bandar 70 Kg Sabu Ditangkap

Selain narkopolitik, Dirtipid Narkoba mendalami jaringan Sofyan mendapatkan narkoba. Termasuk menelusuri keterkaitan Sofyan dengan jaringan Fredy Pratama.

Sejauh ini, pemilik barang dan pemodal serta pengendali narkoba yang diedarkan di Jakarta. Diduga ada pihak lain di Malaysia yang terlibat langsung dengan tersangka S dalam menjalani bisnis haram narkoba jenis sabu. 

Dugaan lain, Sofyan menjadi bagian dari jaringan Fredy Pratama. Sebab, ada kemiripan modus pengemasan narkoba yang digunakan Sofyan dengan Fredy, yaitu menggunakan bungkus teh China. 

Fredy hingga kini masih buron. Ia diduga bersembunyi dan mengontrol bisnis narkobanya dari Thailand. Adapun sabu seberat 70 kg milik Sofyan yang disita berasal dari Thailand.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x