Kompas TV nasional politik

Mendagri Sebut ASN yang Ingin Naik Jabatan Harus Pindah ke IKN: karena di Jakarta Semua Nikmat

Kompas.tv - 11 Juni 2024, 09:22 WIB
mendagri-sebut-asn-yang-ingin-naik-jabatan-harus-pindah-ke-ikn-karena-di-jakarta-semua-nikmat
Mendagri Tito Karnavian. Dia menyebut ada peluang naik jabatan bagi para ASN yang mau pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). (Sumber: surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, bagi para aparatur sipil negara (ASN) yang ingin naik jabatan, mereka harus pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Lokasi IKN terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

"Saya berpendapat begitu (yang mau naik jabatan harus ke IKN). Karena kan di Jakarta kan semua nikmat, ada mal ada ini ada itu," kata Tito di gedung DPR, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Menurut dia, IKN memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan kota lainnya. Misalnya, seperti tingkat polusi yang rendah di sana. 

Baca Juga: Upacara 17 Agustus Digelar di IKN dan Jakarta, Jokowi dan Prabowo Hadir di Ibu Kota Baru

Mantan Kapolri itu mengaku amat tertarik untuk segera bekerja dari IKN. 

"Kota yang ipm terendah indeks polusi terendah itu 21 Kota Balikpapan, apalagi IKN-nya, IKN-nya belasan atau mungkin di bawah 10, oksigen semua sehat," ujarnya.

Ia menambahkan, dirinya akan membantu Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono dalam menyelesaikan pembebasan lahan pembangunan IKN. 

"Justru bagaimana saya membantu, saya pengen nembantu Pak Basuki untuk kapan disegerakan (pembebasan lahan). Tugas saya itu sebagai Mendagri untuk menkoordinasikan pemerintah daerah agar mendukung percepatan itu," papar Tito. 

Dia mengatakan bahwa Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara yakni Makmur Marbun merupakan salah seorang stafnya di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik juga anak buahnya di Kemendagri. 

Baca Juga: Mendagri Ungkap Tunjangan yang Diberikan untuk ASN Jika Pindah Ke IKN

"Yang kebetulan Pj Bupatinya Pak Marbun adalah staf saya. Kemudian Gubernur Kalimatan Timur Pj nya dirjen saya. Jadi saya menghubungkan dengan cepat pada Pak Basuki," ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x