Kompas TV olahraga kompas sport

NPC Indonesia: Target Kita Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 18:47 WIB
npc-indonesia-target-kita-juara-umum-asean-para-games-2022
Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun menargetkan Indonesia menjadi juara umum di ASEAN Para Games 2022. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-NPC Indonesia)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun menargetkan Indonesia menjadi juara umum pada ajang ASEAN Para Games 2022.

Target tersebut datang setelah Indonesia resmi menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang akan digelar di Jawa Tengah bulan Juli mendatang.

Senny menjelaskan, target menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 bukan tidak mungkin mengingat Indonesia saat ini memiliki kualitas atlet yang lebih bagus dari Thailand dan Malaysia.

"Target kita mudah-mudahan, ya kita nggak mau mendahului Tuhan, tapi di atas kertas kita hitung-hitungan bisa juara umum, karena di Malaysia kemarin kita grade-nya jauh di atas Malaysia dan Thailand," kata Senny Marbun dalam keterangan pers seusai mengikuti Rapat Terbatas Persiapan ASEAN Para Games 2022 dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Selasa (22/3/2022).

Pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 di Jawa Tengah ini sebelumnya juga sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

Indonesia dipilih sebagai tuan rumah setelah Vietnam hanya akan menyelenggarakan SEA Games 2022 saja.

Sementara itu terkait penunjukan Jawa Tengah sebagai tuan rumah, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan karena Solo, Karanganyar dan Sukoharjo - kota/kabupaten yang dipilih - sebelumya pernah menjadi tuan rumah acara serupa pada 2011 silam.

Selain itu, fasilitas-fasilitas yang ada di kota dan kabupaten tersebut cukup memadai untuk menggelar ASEAN Para Games 2022.

Baca Juga: Tok! Presiden Jokowi Putuskan Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games XI, Digelar di Solo

Ada pula faktor bahwa Solo merupakan markas dari para atlet paralimpik dari NPC Indonesia.

Senny mengatakan Indonesia sebagai penyandang predikat tuan rumah pada ASEAN Para Games 2022, bertanggung jawab untuk dapat memberikan dan melakukan yang terbaik di ajang tersebut.

“Jadi ada Surakarta, Sukoharjo, ada Karanganyar. Ada beberapa tempat yang menjadi tempat pelaksanaan,” kata Zainudin dikutip dari Antara.

"Di sana ada Rumah Sakit Dr. Soeharso, itu kita tahu fungsi dari rumah sakit itu dan disamping itu juga di sana ada UNS, Universitas Sebelas Maret, yang sangat memberikan dukungan khususnya untuk sport science," jelas Menpora.

Menpora pun optimis, meski ASEAN Para Games 2022 segera digelar tiga bulan lagi, akan berjalan dengan lancar dan sukses.

Ditambah pula, negara-negara lain di Asia Tenggara juga mendukung Indonesia menjadi tuan rumah ajang olah raga multi cabang bagi penyandang disabilitas itu.

“Walaupun ini sangat dekat tetapi karena kita sudah pernah punya pengalaman menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2011,” tutur Menpora.

Dalam ASEAN Para Games 2022 mendatang, akan ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan.

14 cabang olahraga itu adalah para atletik, para renang, para bulu tangkis, para angkat berat, para tenis meja, para catur, sepak bola CP, blind judo, boccia, voli duduk, goalball, tenis kursi roda, para panahan, serta basket kursi roda.

Baca Juga: NPC Indonesia Apresiasi Kerja Pemerintah yang Bebaskan Indonesia dari Sanksi Badan Anti Doping Dunia




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x