Kompas TV olahraga kompas sport

ASEAN Para Games 2022: Indonesia Targetkan Jadi Juara Umum

Kompas.tv - 23 Juli 2022, 14:18 WIB
asean-para-games-2022-indonesia-targetkan-jadi-juara-umum
Menpora Zainudin Amali saat menghadiri rakor (rapat koordinasi) menjelang ASEAN Para Games 2022 di Ballroom Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (19/6/2022). (Sumber: Dok. Kemenpora)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - ASEAN Para Games 2022 akan berlangsung pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di Solo, Jawa Tengah. Sebagai tuan rumah, Indonesia menargetkan menjadi juara umum.

Indonesia sendiri merupakan juara pada edisi terakhir ASEAN Para Games. Pada ASEAN Para Games Kuala Lumpur 2017, Indonesia menyabet titel juara umum dengan raihan 89 medali emas, 83 medali perak, dan 77 medali perunggu.

Setelah 2017, kompetisi olahraga multi-event di Asia Tenggara itu mengalami masa hiatus sebelum kembali berlangsung tahun ini.

Pesaing terberat kontingen Merah Putih adalah Thailand. Dari sembilan edisi yang sudah digelar dari tahun 2001, Thailand sudah enam kali menyabet juara umum dan menjadi negara tersukses di ASEAN Para Games.


Baca Juga: “Countdown” dan Maskot ASEAN Para Games 2022

Ketua National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) Senny Marbun menyebut Thailand kuat karena didukung anggaran yang besar sehingga dapat meraih banyak medali.

Selain itu, Thailand berani mengirim atlet dalam jumlah besar.

"Rival terberat Thailand, kalau diizinkan, mereka maunya nambah (jumlah kontingen). Kalau boleh 500," ucap Senny di Solo, Jumat (22/7/2022), dikutip dari Antara.

"Jadi atlet yang masih muda pun berani dikirimkan, yang penting atletnya pengalaman," sambung Senny.

Sementara Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Committee (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka menyebut tahun ini Thailand kembali menjadi negara yang mengirimkan atlet paling banyak.

"Bukan menakut-nakuti, saya lihat yang mengirimkan atlet paling banyak Thailand. Tanggal 26 Juli, Thailand akan mengirimkan 5-6 pesawat ke Solo," ucap Gibran.

Meski pasukan Gajah Perang siap mengancam, atlet-atlet Indonesia akan memberikan yang terbaik.

Penyelenggara telah memutuskan seluruh pertandingan ASEAN Para Games 2022 akan digratiskan sehingga masyarakat diminta datang mendukung para atlet.

Total 104 medali emas menjadi target kontingen Indonesia.

"Ini lawan yang berat, namun saya yakin bisa mengalahkan Thailand. Saya yakin apa yang ditargetkan Menpora, Ketua NPC bisa diraih," lanjut Gibran.

Baca Juga: 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Surakarta Masih dalam Tahap Renovasi




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x