Kompas TV olahraga sepak bola

Komisi III DPR RI Setuju Naturalisasi Shayne Pattynama, Selangkah Lagi Bela Timnas Indonesia

Kompas.tv - 9 November 2022, 18:11 WIB
komisi-iii-dpr-ri-setuju-naturalisasi-shayne-pattynama-selangkah-lagi-bela-timnas-indonesia
Calon pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, selangkah lagi menyelesaikan proses naturalisasinya. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shayne Pattynama selangkah lebih dekat lagi untuk membela Timnas Indonesia setelah Komisi III DPR RI menyetujui proses naturalisasi pemain berdarah Belanda itu. 

Setelah Selasa (8/11/2022) kemarin Komisi X memberikan persetujuan, pada hari ini Rabu (9/11), giliran Komisi III yang setuju memberikan kewarganegaraan Indonesia kepada Shayne.

Hal itu terungkap dalam rapat kerja yang dihadiri Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly bersama Menpora Zainudin Amali yang dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen Yunus Nusi. 

"Komisi III DPR RI menyetujui pemberian kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir yang juga menjadi pimpinan sidang Komisi III DPR RI. 

Atas diberikannya persetujuan dari Komisi III DPR RI ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun mengucapkan banyak terima kasih. 

Dengan ini, Shayne bisa melanjutkan proses naturalisasinya agar bisa mendapat kewarganegaraan Indonesia dan membels skuad Garuda di ajang internasional. 

“Saya mengucapkan kembali syukur Alhamdulillah, karena Komisi III DPR RI juga telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk Shayne Pattynama. Setelah kemarin Komisi X menyetujui hal serupa," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

"Hanya tinggal beberapa proses lagi yang harus diselesaikan. Semoga proses-proses berikutnya berjalan lancar sehingga kita bisa melihat Shayne mengenakan seragam kebanggaan timnas Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga: Pada Bahasan Shayne Pattynama, Menpora: Naturalisasi Jangka Pendek, Pembinaan Tetap Utama

“Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada Menpora Bapak Zainudin Amali dan seluruh teman-teman Komisi III DPR RI yang telah menaruh perhatian terhadap proses naturalisasi Shayne,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Shayne Pattynama bersyukur 

Sementara itu Shayne Pattynama juga bersyukur proses naturalisasinya bisa berjalan lancar. 

Pemain berusia 24 tahun itu pun senang mimpinya, yang juga mimpi ayahnya, untuk membela Timnas Indonesia semakin mendekati kenyataan. 

“Terima kasih atas semuanya, hari ini saya sangat bersyukur. Dengan ini, saya juga semakin dekat untuk mengabulkan keinginan ayah saya yang sangat menginginkan saya untuk bermain bersama tim nasional Indonesia," ujar Shayne.


 

"Mimpi saya dan ayah saya itu sangat besar, saya sangat ingin membela tim nasional Indonesia dan juara bersamanya. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar,” imbuhnya. 

Shayne Pattynama lahir di Kota Lelystad, Belanda pada tanggal 11 Agustus 1998. Pemain berusia 24 tahun itu saat ini bermain untuk klub asal Norwegia, Viking FC.

Meski berposisi sebagai bek kiri, Shayne Pattynama total telah menyumbangkan dua gol dari 26 penampilan sejak dikontrak tahun 2021 lalu. 

Kehadiran Shayne sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 serta Piala Asia 2023. 

Baca Juga: Iwan Bule: Naturalisasi Shayne Pattynama Bukan Keinginan PSSI tapi Shin Tae-yong



Sumber : Kompas TV, pssi.or.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x