Kompas TV olahraga sapa qatar

Saleh dan Salem Cetak Sejarah, Harumkan Nama Asia di Pentas Piala Dunia

Kompas.tv - 22 November 2022, 19:40 WIB
saleh-dan-salem-cetak-sejarah-harumkan-nama-asia-di-pentas-piala-dunia
Arab Saudi berhasil membuat kejutan usai mengalahkan unggulan Piala Dunia 2022, Argentina, yang diperkuat Lionel Messi dengan skor 1-2, Selasa (22/11/2022). (Sumber: Twitter @SaudiNT)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DOHA, KOMPAS.TV - Timnas Arab Saudi membuat kejutan dengan menumbangkan salah satu favorit juara Piala Dunia 2022, Argentina dengan skor 1-2 di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11/2022). Tim berjuluk Elang Hijau ini menang berkat dua gol yang dicetak Saleh Al-Shehri dan Salem Al-Dawsari pada babak kedua.

Pada awal pertandingan, Arab Saudi kewalahan menghadapi Argentina dan mesti kebobolan pada menit ke-10 via penalti Lionel Messi. La Albiceleste bahkan sempat mencetak tiga gol lagi, tetapi dianulir karena pemain terjebak offside.

Memasuki babak kedua, Arab Saudi tampil lebih percaya diri. Hasilnya, anak asuh Herve Renard menyamakan kedudukan lewat aksi Saleh Al-Shehri pada menit 48.

Baca Juga: Argentina vs Arab Saudi: Pembuktian Terakhir Lionel Messi dan Momen Spesial di Piala Dunia

Berselang lima menit, Salem Al-Dawsari berhasil membawa Arab Saudi berbalik unggul. Tembakan keras gelandang Al-Hilal itu bersarang di sudut gawang kendati sempat disentuh Emiliano Martinez.

Gol-gol Saleh dan Salem pun mengukir sejarah baru di ajang Piala Dunia. Melansir catatan Opta, Arab Saudi menjadi tim Asia pertama yang sukses mencetak lebih dari satu gol ke gawang Argentina sepanjang sejarah Piala Dunia.

Selain itu, Arab Saudi juga unjuk efektivitas konversi dalam laga ini dengan mencetak dua gol dari dua tembakan tepat sasaran sepanjang pertandingan.

Arab Saudi pun mengharumkan nama konfederasi AFC usai tuan rumah Qatar dan Iran babak belur di tangan Ekuador dan Inggris. Arab Saudi menjadi tim Asia kedua yang mengalahkan tim Amerika Selatan di Piala Dunia usai Jepang (menang atas Kolombia) pada 2018 silam.

Berkat kemenangan 1-2 atas Argentina, Arab Saudi berhak memuncaki klasemen sementara Grup C Piala Dunia Qatar 2022. Kepastian Arab di puncak klasemen tinggal menunggu hasil pertandingan Meksiko vs Polandia yang baru akan berlangsung pada Selasa (22/11) pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Timothy Weah: Anak Presiden Liberia yang Cetak Gol untuk Amerika di Piala Dunia Qatar 2022


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x