Kompas TV olahraga sapa qatar

Kroasia Gugur di Semifinal Piala Dunia 2022, Warganya Sedih tetapi Bangga

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 09:54 WIB
kroasia-gugur-di-semifinal-piala-dunia-2022-warganya-sedih-tetapi-bangga
Ekspresi kecewa kapten Timnas Kroasia, Luka Modric (kiri) berserta Andrej Kramaric dan Dejan Lovren usai kalah dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 kontra Argenitna di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022). (Sumber: AP Photo/Frank Augstein)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kekalahan Timnas Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 kontra Argentina menyisakan kesedihan yang mendalam untuk para warganya. 

Duel Argentina vs Kroasia yang berlangsung di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Tim Tango. Gol-gol kemenangan Argentina dicetak oleh Lionel Messi dan brace Julian Alvarez. 

Hasil ini juga memastikan Kroasia gagal mengulangi pencapaian mereka empat tahun lalu. Pada Piala Dunia 2018, Kroasia sukses melangkah ke babak final untuk pertama kalinya. 

Baca Juga: Euforia Argentina Lolos Final Piala Dunia 2022 Menjalar ke Indonesia, Jalanan Kota Ambon pun Membiru

Meski demikian, warga Kroasia juga merasa bangga dengan prestasi tim berjuluk Vatreni yang sanggup melangkah sampai babak empat besar. 

Ribuan suporter Kroasia yang tidak bisa hadir di Qatar, berkumpul di alun-alun Kota Zagreb untuk mendukung Luka Modric dan kawan-kawan, meski di tengah cuaca dingin. 

Seorang suporter, Ruzica Doroc (62) kecewa karena Kroasia gagal mengulangi performa apik di perempat final saat berhadapan dengan Brasil. 

"Kecewa karena Kroasia tidak menunjukkan level permainan yang sama seperti saat melawan Brazil," kata Ruzica Doroc, mengutip dari Antara News. 

Namun, Ruzica merasa Kroasia masih punya peluang untuk mengakhiri Piala Dunia 2022 sebagai peringkat 3 terbaik. 

Kroasia masih memiliki jadwal satu pertandingan melawan tim yang kalah dari laga semifinal lain antara Prancis vs Maroko. 

"Tetapi untuk meraih tempat ketiga, itu sudah menjadi sesuatu ... kami luar biasa," imbuhnya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Mia Sragalj, seorang siswa sekolah menengah berusia 16 tahun.

"Kecewa tetapi juga bangga karena kami melangkah jauh," kata Mia.

Baca Juga: Kata Lionel Messi usai Antar Argentina ke Final Piala Dunia 2022: Tim Ini Sangat Gila!

Sementara itu, pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic menganggap timnya memang pantas kalah dari Argentina. Tetapi, Dalic merasa keberhasilan menembus semifinal sudah sebuah kesuksesan tersendiri. 

"Ini kekalahan yang pantas. Ini adalah Piala Dunia yang sukses bagi Kroasia dan kami sangat bangga akan hal tersebut," kata Dalic dalam konferensi pers pasca pertandingan. 


 



Sumber : Kompas TV/Antara News/FIFA



BERITA LAINNYA



Close Ads x