Kompas TV olahraga sepak bola

FIFA Copot Peru sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U17, Kans Indonesia Jadi Pengganti

Kompas.tv - 4 April 2023, 06:27 WIB
fifa-copot-peru-sebagai-tuan-rumah-piala-dunia-u17-kans-indonesia-jadi-pengganti
Trofi Piala Dunia U17. FIFA resmi mencopot Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17. (Sumber: FIFA)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

ZURICH, KOMPAS.TV - FIFA resmi mencopot Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 yang dijadwalkan bergulir mulai 10 November-2 Desember mendatang. 

"FIFA dengan menyesal mencabut hak tuan rumah Peru untuk FIFA U17 World Cup 2023 setelah diskusi ekstensif antara FIFA dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF)," tulis pernyataan FIFA, Senin (3/4/2023) malam. 

"Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023, tetapi Biro Dewan FIFA akan menunjuk tuan rumah baru pada waktunya."

Baca Juga: Demi Indonesia Tak Disanksi Berat, Erick Thohir Siap Negosiasi FIFA

Dalam keterangan resminya, FIFA mengungkapkan batalnya Piala Dunia U17 digelar di Peru karena sang tuan rumah tidak mampu memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang akan digunakan untuk turnamen. 

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada FPF atas upaya mereka, dan tetap terbuka untuk menyelenggarakan kompetisi di Peru pada masa mendatang," demikian pernyataan FIFA.

Ini merupakan kejadian kedua dalam sepekan terakhir, FIFA membatalkan tuan rumah untuk penyelenggaraan Piala Dunia level junior. Pada Rabu (29/3) lalu, FIFA juga mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 023. 

Berbeda dengan Peru, FIFA tidak menyebutkan alasan rinci membatalkan gelaran Piala Dunia U20 2023 di Indonesia. FIFA hanya menyebut 'situasi terkini' di Indonesia. 

Baca Juga: Gibran Beri Sinyal Piala Dunia U17 Digelar di Solo, Gantikan Piala Dunia U20 yang Batal

Namun, penolakan terhadap Timnas Israel yang diutarakan Gubernur Bali I Wayan Koster dan pihak-pihak lainnya diduga menjadi sebab FIFA berpikir dua kali menggelar turnamen di Indonesia. 

Israel sendiri berhak mengikuti Piala Dunia U-20 karena berstatus runner up Piala Eropa U-19 2022.

Kans Indonesia Gantikan Peru

Indonesia punya kans menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x