Kompas TV olahraga sports

SEA Games 2023 Kamboja Resmi Dibuka

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 22:37 WIB
sea-games-2023-kamboja-resmi-dibuka
Pembukaan SEA Games 2023 di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5/2023). (Sumber: ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

PNOM PENH, KOMPAS.TV - Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games edisi ke-32 yang tahun ini digelar di Kamboja resmi dibuka, Jumat (5/5/2023).

SEA Games 2023 resmi dibuka oleh Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, dalam upacara pembukaan yang digelar di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh.

Setelah membuka SEA Games 2023, Hun Sen kemudian ikut serta dalam torch relay yang dilakukan di dalam stadion.

Api obor SEA Games 2023 diterima oleh Presiden SEA Games Federation, Thong Kho, yang kemudian menyerahkannya kepada Ketua Penyelenggara SEA Games ke-32 Kamboja, Samdech Pichey Sena Tea Banh.

Obor api kemudian diserahkan ke Perdana Menteri Hun Sen untuk kemudian dilanjutkan oleh para atlet.

Peraih medali emas taekwondo pada Asian Games 2014, Sorn Seavmey, yang ditunjuk sebagai pembawa obor terakhir kemudian menyulut kaldron api SEA Games Kamboja.

Dalam upacara pembukaan SEA Games 2023 ini, juga dihadiri oleh Wakil Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Ser Miang yang mengapresiasi Kamboja sebagai tuan rumah.

"Mari kita rayakan ini melalui olahraga, mempromosikan perdamaian, dan menjalin persahabatan," kata Ser Miang dikutip dari Antara.

"Terima kasih kepada masyarakat Kamboja atas kebaikan Anda yang hangat dan keramahtamahan yang luar biasa dan saya berharap Anda terus makmur dan bahagia di bawah kepemimpinan Perdana Menteri."

Baca Juga: Bendera Indonesia Terbalik dalam Pre Show Opening Ceremony SEA Games 2023



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x