Kompas TV olahraga sepak bola

Komdis PSSI Berikan Sanksi dan Denda 25 Juta ke PSS Sleman, Panpel: Sangat Kita Sesalkan

Kompas.tv - 11 Agustus 2023, 15:49 WIB
komdis-pssi-berikan-sanksi-dan-denda-25-juta-ke-pss-sleman-panpel-sangat-kita-sesalkan
Para pemain PSS Sleman melakukan seleberasi setelah Wahyudi Hamisi berhasil mencetak gol sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2 saat melawan tim tamu Persis Solo pada pekan kedua Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (7/7/2023). (Sumber: pssleman.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

SLEMAN, KOMPAS.TV - Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada PSS Sleman. 

Hal ini berdasarkan surat dari Komdis PSSI dengan nomor 043/L1/SK/KD-PSSI/VIII/2023 terkait tanggung jawab terhadap tingkah laku buruk penonton saat PSS menjamu Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (4/8/2023) malam.

Dalam surat tersebut, PSS Sleman dinilai melanggar Kode Disiplin PSSI Tahun 2023 karena adanya suporter PSS yang memasuki area lapangan pertandingan. 

Suporter dinilai melakukan penganiayaan kepada panitia pelaksanaan pertandingan serta diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran disiplin.

"Kami sudah melakukan pertemuan via daring dengan perangkat pertandingan yang bertugas ketika PSS menghadapi Persija dan Komdis PSSI. Komdis juga sudah mengirimkan surat sanksi kepada PSS yang telah diterima oleh klub," ujar Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PSS, Yuyud Pujiarto di Omah PSS, Sleman, Kamis (10/8/2023) siang, melalui rilis resmi yang diterima Kompas.TV.

"Hal ini tentu sangat kita sesalkan karena kita tahu, seluruh pendukung PSS pastilah ingin mendukung kebanggaannya berlaga di kandang. Namun kami harus menerima keputusan ini dan mengajak PSS Fans bisa lebih mengerti dalam tindakan apapun yang dilakukan ke depan," jelasnya.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Liga 1 Hari Ini: Madura United dan Barito Putera Bersaing di Puncak

Berdasarkan pelanggaran tersebut, merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4, dan Lampiran 1 nomor 5 Kode Displin PSSI Tahun 2023, PSS dikenakan sanksi penutupan sebagian stadion yaitu seluruh Tribun Selatan sebanyak dua pertandingan saat menjadi tuan rumah. 

Dua pertandingan itu adalah ketika Super Elja menjamu Bhayangkara Presisi Indonesia FC dan Persebaya Surabaya.

"Kami juga meminta maaf, karena usaha maksimal sudah kami lakukan untuk membuat hal itu tidak terjadi. Kami berharap PSS Fans bersabar dan menerima keputusan ini," katanya.


"Kami berharap dengan adanya sanksi ini, kita sama-sama belajar untuk berubah menjadi lebih baik. Apapun alasannya, pelanggaran terhadap hal ini tentu tidak dibenarkan. Mari kita dukung PSS bersama-sama untuk bisa menang di laga kandang selanjutnya," pungkasnya.

PSS juga dikenai denda sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) dan pengulangan terhadap tindakan ini akan berakibat hukuman yang lebih berat bagi PSS. PSS tidak bisa mengajukan banding terhadap keputusan ini sesuai Pasal 119 Kode Displin PSSI.

Baca Juga: PSSI Umumkan Daftar Lengkap Pemain Timnas U23 Indonesia, Semua dari Klub Liga 1



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x