Kompas TV olahraga sports

Upacara Pembukaan Asian Games 2022: Indonesia Curi Perhatian dengan Baju Adat Betawi dan Rote

Kompas.tv - 23 September 2023, 21:49 WIB
upacara-pembukaan-asian-games-2022-indonesia-curi-perhatian-dengan-baju-adat-betawi-dan-rote
Kontingen Indonesia mengikuti defile saat upacara pembukaan Asian Games 2022 di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Hangzhou, China, Sabtu (23/9/2023). Asian Games ke-19 itu digelar pada 23 September - 8 Oktober 2023 dengan memperebutkan 481 medali emas dari 61 cabang olah raga. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Hafidz Mubarak A/pras)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Kontingen Indonesia mencuri perhatian selama upacara pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, Sabtu (23/9/2023) malam.

Pakaian adat Rote yang dikenakan Hernanda Zulfi serta pakaian adat kurung Betawi yang dipakai Nandhira Mauriska menjadi cara Indonesia mengenalkan budaya dalam opening ceremony Asian Games 2022 di Stadion Olimpiade Hangzhou.

Hernanda dan Nandhira adalah dua atlet yang dipercayakan untuk membawa bendera Indonesia serta memimpin barisan atlet Indonesia dalam parade.

Kontingen Indonesia menempati urutan kesepuluh dalam parade atlet. Seperti atlet dari negara lain, parade atlet Indonesia tidak berputar mengelilingi stadion tetapi bergerak menuju tengah stadion dan berjalan berbaris dari satu sisi ke sisi seberang seperti kontingen lainnya.

Ketika kontingen Indonesia muncul, stadion Olimpiade Hangzhou memberikan sambutan meriah dengan tepuk tangan, terutama saat Hernanda dan Nandhira tampil di layar raksasa di dalam stadion.

Selain kedua pembawa bendera, beberapa tokoh lain yang mengenakan pakaian tradisional adalah Chef de Mission kontingen Asian Games 2022 Jadi Rajagukguk, Deputi 1 Chef de Mission Jovinus Calvin Legawa, dan Deputi 2 CdM Thomas Setiabudi.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Utara, Laga Penentu Kelolosan Garuda di Asian Games 2022

Para atlet Indonesia tampil seragam dengan jaket hitam dan celana panjang hitam, menciptakan kesan mirip dengan pasukan khusus militer.

China tuan rumah ketiga kalinya Asian Games

Asian Games di Hangzhou, yang merupakan ketiga kalinya China menjadi tuan rumah.

Asian Games 2022 juga mencetak rekor dalam jumlah partisipasi atlet, nomor cabang olahraga, dan penyelenggaraan secara keseluruhan dalam sejarah pesta olahraga empat tahunan itu.


 

Panitia penyelenggara HAGOC mengonfirmasi kehadiran 45 Komite Olimpiade Nasional dengan total sekitar 12.500 atlet, jumlah terbanyak dalam sejarah Asian Games.

Angka tersebut mengalahkan rekor sebelumnya pada Asian Games ke-18 di Indonesia pada 2018 lalu dengan 11.300 atlet.

Para atlet tersebut akan bersaing untuk meraih prestasi terbaik dan mengharumkan nama negaranya dalam 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di Hangzhou dan lima kota pendukung, yaitu Ningbo, Wenzhou, Huzhou, Shaoxing, dan Jinhua. 

Baca Juga: Serba-serbi Asian Games: Lebih Besar dari Olimpiade dengan Beragam Cabang Olahraga Regional



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x