Kompas TV olahraga sepak bola

Liverpool Respons Kontroversi VAR dalam Laga Lawan Spurs: Jajaki Semua Opsi, bakal Tuntut PGMOL?

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 18:32 WIB
liverpool-respons-kontroversi-var-dalam-laga-lawan-spurs-jajaki-semua-opsi-bakal-tuntut-pgmol
Gestur Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, usai pertandingan Liga Inggris antara Tottenham Hotspur vs Liverpool di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu (30/9/2023), yang dimenangi tuan rumah dengan skor 2-1. (Sumber: Alberto Pezzali/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LIVERPOOL, KOMPAS.TV - Liverpool FC menerbitkan pernyataan tentang kontroversi VAR dalam laga lawan Tottenham Hotspur di London yang berakhir dengan kekalahan bagi The Reds, Sabtu (30/9/2023) lalu.

Liverpool menyatakan kegagalan intervensi VAR merusak "integritas keolahragaan" dalam pertandingan tersebut dan akan menjajaki semua opsi yang tersedia.

Sebelumnya, Badan Perwasitan Pertandingan Profesional Inggris (PGMOL) mengakui kesalahan VAR dalam pertandingan Tottenham vs Liverpool dan meminta maaf.

PGMOL mengakui VAR gagal mengintervensi gol Luis Diaz yang dianulir pada menit ke-34 meskipun sang pemain dalam posisi onside.

Baca Juga: Mac Allister Sindir Kemenangan Tottenham atas Liverpool, Romero Membalas: Menangis di Rumah

PGMOL menyebut wasit VAR, Darren England dan Dan Cook, salah paham dengan wasit lapangan terkait insiden tersebut.

England dan Cook mengira wasit lapangan sudah mengesahkan gol sehingga tidak melakukan intervensi VAR.

"Liverpool Football Club mengakui pernyataan PGMOL atas kegagalan mereka kemarin malam (Sabtu). Jelas bahwa penerapan yang benar dari peraturan permainan tidak terjadi, mengakibatkan rusaknya integritas keolahragaan," bunyi pernyataan resmi Liverpool, Minggu (1/10).

Liverpool FC mengaku tidak terima karena tim wasit tidak meluangkan "waktu yang cukup" untuk mengecek keputusan yang benar sehubungan offisde kontroversial Luis Diaz.

Juara Liga Inggris 19 kali itu pun mendesak adanya peninjauan dan transparansi penuh terhadap wasit.

"Ini vital demi keandalan pengambilan keputusan pada masa pendatang yang juga diterapkan ke semua klub dengan tujuan agar terjadi peningkatan untuk memastikan situasi seperti demikian tidak terjadi lagi," sambung Liverpool.

"Pada saat bersamaan, kami akan menjajaki opsi-opsi yang tersedia, dikarenakan jelasnya kebutuhan untuk eskalasi dan resolusi."

Liverpool mengalami kekalahan pertama di ajang Premier League 2023/2024 secara kontroversial dari Tottenham pada Sabtu lalu.

Selain gol Diaz yang dianulir, The Reds juga mesti bermain dengan sembilan orang usai Curtis Jones dan Diogo Jota terkena kartu merah.

Kekalahan tersebut membuat anak asuh Juergen Klopp mesti puas tertahan di peringkat keempat klasemen sementara Liga Inggris dengan 16 poin. Sedangkan Tottenham naik ke peringkat dua dengan 17 poin.

Baca Juga: Rekap Hasil Liga Besar Eropa Sabtu Malam: AC Milan Menang Lagi, Duo Manchester dan Liverpool Kalah


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x