Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Piala Dunia U17, Pemkot Surabaya Percepat Perbaikan Stadion GBT

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 23:10 WIB
jelang-piala-dunia-u17-pemkot-surabaya-percepat-perbaikan-stadion-gbt
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat inspeksi di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Senin (18/9/2023). (Sumber: ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Deni Muliya

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, sedang mempercepat perbaikan minor di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjelang dimulainya Piala Dunia U-17 pada tanggal 10 November mendatang.

"Jadi ini memang pembenahan yang tidak menjadi item (rekomendasi) FIFA. Kalau yang menjadi bagian dari item FIFA, Alhamdulillah sudah terselesaikan," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (9/10/2023) dikutip dari Antara. 

Proyek perbaikan yang dikerjakan oleh Pemkot Surabaya dimulai pada akhir September lalu.

Perbaikan-perbaikan minor tersebut meliputi akses jalan menuju pintu masuk area Stadion GBT, pembenahan eksterior, perbaikan toilet untuk penonton, serta peningkatan lorong menuju area tribun.

Baca Juga: Piala Dunia U17: Erick Thohir Pastikan Persiapan Stadion Si Jalak Harupat Sudah Rampung 100 Persen

Wali Kota Eri berharap, agar pintu masuk ke tribun penonton menjadi lebih nyaman dan dilengkapi dengan penerangan yang merata.

Selain itu, ia ingin toilet menjadi lebih bersih dan adanya perbaikan di area musala.

"Seperti gate yang jalannya terlalu tinggi, jadi kalau ada mobil sedan atau sejenisnya itu bergesekan, nah itu sudah kita betulkan," papar Eri melanjutkan.

"Yang terakhir, adalah di setiap gate tadi itu bordesnya (jalan menuju ke tribun) itu tidak rata, itu juga sudah selesai," ujarnya.

Saat melakukan peninjauan, Eri juga memeriksa area ruang ganti ofisial, ruang tunggu doping, ruang VVIP di lantai 2, kondisi rumput di lapangan, dan perbaikan plesteran lorong di lantai 3.

Eri mengungkapkan, rencananya untuk melibatkan seniman mural dalam upaya mempercantik area stadion.

"Saya juga meminta untuk melibatkan teman-teman yang suka mural. Sehingga setiap menuju ke gate tadi dinding-dindingnya itu dimural. Sehingga menunjukkan bahwa stadion ini nyaman, ramah begitu ketika masuk," kata Eri.

"Saya yakin perbaikan ini akan meningkatkan kelas stadion, dan saya berharap ketika penonton masuk, mereka akan turut berkontribusi dalam menjaga stadion ini," sambungnya.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Pihaknya Siapkan Tiket Bundling Piala Dunia U17 dan Whoosh

Selain perbaikan, Eri mengungkapkan, jajaran Pemkot Surabaya juga akan terlibat dalam kerja bakti massal untuk membersihkan Stadion GBT pada tanggal 11 Oktober. 

Lalu akan juga dilakukan kerja bakti massal membersihkan bagian tribun dan lainnya pada tanggal 13 Oktober.

"Pada tanggal 24 Oktober, stadion harus benar-benar siap, dan pada tanggal 27 Oktober, Stadion GBT akan diserahkan kepada FIFA, sehingga setelah itu tidak akan ada orang yang boleh masuk kecuali dengan izin dari FIFA," imbuh Eri..



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x