Kompas TV olahraga sports

Menpora Lepas Kontingen Indonesia ke Asian Para Games 2022 Hangzhou, Merah Putih Bidik 19 Emas

Kompas.tv - 15 Oktober 2023, 04:00 WIB
menpora-lepas-kontingen-indonesia-ke-asian-para-games-2022-hangzhou-merah-putih-bidik-19-emas
Upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (14/10/2023). (Sumber: Dokumentasi NPC Indonesia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo secara resmi mengukuhkan dan melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga, Sabtu (14/10/2023). 

Upacara pelepasan ini dihadiri oleh Chef de Mission Kontingen Indonesia Angela Tanoesoedibjo serta perwakilan dua atlet kontingen Indonesia, Qonitah Ikhtiar Syakuroh (bulutangkis) dan M. Fadli Immammudin (balap sepeda) di Balai Kota Surakarta.

Terdapat 130 atlet kontingen Indonesia yang akan berlaga di 12 cabang olahraga Asian Para Games 2022 di Hangzhou, China. Dito menyebut upacara pelepasan ini menjadi ciri khas karena selalu diadakan di Balai Kota Surakarta.

Baca Juga: Timnas Boccia Indonesia Makin Percaya Diri Hadapi Asian Para Games 2022 usai Ikuti Kejuaraan Dunia

“Solo Raya menjadi pusat pengembangan olah raga disabilitas. Makanya tadi saya sempat bertanya kepada rekan-rekan atlet, ketika mereka kembali dari Asian Para Games nanti, di mana mereka ingin bertemu dengan Presiden Joko Widodo? Mayoritas atlet meminta untuk bertemu dengan Presiden Jokowi di Solo,” kata Dito dikutip siaran pers yang diterima Kompas.tv, Sabtu (14/10).

Sementara itu, Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan bahwa Indonesia menargetkan 19 medali emas di Asian Para Games 2022 Hangzhou.

“Tuan rumah China tentu akan menjadi lawan tangguh, namun kita akan fokus kepada persiapan yang sudah matang dan fokus kepada apa yang kita akan perjuangkan dengan memberikan yang terbaik,” kata Angela.

Sebelumnya, Jumat (13/10) malam, digelar acara doa bersama dan peluncuran jersei kontingen Para Games Indonesia oleh Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia.

“Seragam kontingen ini merupakan hasil kolaborasi dengan perancang busana asli asal Solo, Rory Wardana. Seragam bermotif mega mendung ini bermakna sebagai penyangga yang kokoh bagi atlet saat berkompetisi. Semoga ini juga menjadi bentuk kiriman doa dari kita semua kepada atlet kita yang berlaga di Asian Para Games Hangzhou,” kata Angela.  

“Begitu juga dengan #parajuara, kita melihat dua sisi ini sebagai penyemangat bahwa atlet-atlet kita ini dari sekarang sudah juara. Mereka sudah sampai di titik ini karena mereka sudah memiliki mental juara yang sangat luar biasa. Saya kira ini menjadi inspirasi bagi kita semua,” lanjutnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jateng Lepas 37 Atlet untuk Bertanding di Asian Para Games Hangzhou


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x