Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia vs Irak: Nadeo Dipanggil Shin Tae-yong, Syahrul Trisna Angkat Koper

Kompas.tv - 14 Januari 2024, 20:15 WIB
timnas-indonesia-vs-irak-nadeo-dipanggil-shin-tae-yong-syahrul-trisna-angkat-koper
Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata menepis bola dalam sebuah sasi latihan.  Shin Tae-yong memanggil Nadeo jelang laga perdana kontra Irak pada penyisihan grup Piala Asia 2023. (Sumber: surabaya.tribunnews.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Jelang matchday pertama kontra Irak di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong membuat keputusan untuk memanggil Nadeo Argawinata untuk menggantikan posisi kiper yang sebelumnya diisi oleh Syahrul Trisna.

Perubahan ini terjadi karena cedera yang dialami oleh Syahrul Trisna, kiper andalan Persikabo 1973, yang menyebabkannya harus absen di Piala Asia 2023.

Keputusan untuk mencoret Syahrul Trisna dan memanggil Nadeo Argawinata dari Borneo FC diumumkan melalui akun Instagram resmi @Timnas.Indonesia pada Minggu (14/1/2024) siang.

Peran Nadeo Argawinata sebagai kiper pengganti dalam skuad Timnas Indonesia memberikan dimensi baru pada tim yang akan berlaga di Piala Asia 2023. Keputusan ini menjadi bagian dari strategi Shin Tae-yong dalam menghadapi perubahan kondisi dan keadaan yang mungkin terjadi dalam turnamen bergengsi ini.

"@syahrulfadil26 absen dari perhelatan Piala Asia Qatar 2023 karena cedera, posisinya digantikan @nadeowinataa."

"Doakan Syahrul cepat sembuh & beri sambutan hangat kepada Nadeo," tulis akun resmi Timnas Indonesia.

Dengan demikian, kiper Indonesia di Piala Asia 2023 masih tetap berjumlah tiga, yakni Ernando Ari, Muhammad Riyandi, dan Nadeo Argawinata.

Adapun Nadeo memiliki catatan yang cukup apik di musim ini. Ia mengantarkan Borneo FC memimpin klasemen Liga 1.

Nadeo mencatatkan saves terbanyak dengan 73 kali penyelamatan.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Irak: Garuda Belum Pernah Kalah di Laga Pembuka Piala Asia

Sebelumnya Pelatih Timnas, Shin Tae-yong, dengan tegas menyatakan bahwa anak-anak asuhnya akan memberikan permainan yang berbeda saat menghadapi Irak di pertandingan Grup D Piala Asia 2023. 

Shin menegaskan bahwa skuad Garuda akan tampil dengan gaya permainan yang berbeda jika dibandingkan dengan pertemuan terakhir mereka melawan Irak pada November 2023, di mana Indonesia mengalami kekalahan 1-5 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Kali ini kami akan tunjukkan performa yang berbeda. Saya tidak bisa menebak hasil akhirnya, tapi kalian akan bisa melihat perubahan dan akhir yang berbeda dari (pertandingan) sebelumnya," ungkap coach Shin dalam konferensi pers di Doha, Qatar, Minggu.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa tim asuhannya sudah menjalani persiapan yang jauh lebih baik untuk bermain di Piala Asia. Apalagi lawan pertama mereka pada fase penyisihan grup adalah lawan yang pernah mereka hadapi baru-baru ini.

"Kami sudah bersiap sejauh ini dengan lebih baik. Lawan yang akan kami hadapi besok adalah lawan di kualifikasi Piala Dunia dua bulan lalu. Saya paham mereka sangat kuat, tapi saya tidak mau berpikir buruk dengan hasilnya," tutur Shin.

"Sebelum kami melawan Irak di kandang mereka, kondisi yang kami alami sangat tidak mengenakkan. Jarak tempuh yang jauh dan tak punya persiapan yang cukup saat itu," jelas pelatih asal Korsel itu.

Meski begitu, Shin mengarahkan para pemainnya untuk tidak melihat hasil buruk dari pertemuan tahun lalu dan harus bersiap untuk memberikan perlawanan yang lebih keras pada Irak.

Baca Juga: Piala Asia 2023 Timnas Indonesia vs Irak, Shin Tae-yong: Kalian akan Bisa Melihat Perubahan


 




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x