Kompas TV olahraga sepak bola

Lionel Messi Terpilih sebagai Pemain Terbaik FIFA, Erling Haaland Kedua, Kylian Mbappe Ketiga

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 10:18 WIB
lionel-messi-terpilih-sebagai-pemain-terbaik-fifa-erling-haaland-kedua-kylian-mbappe-ketiga
Lionel Messi mengangkat trofi setelah Timnas Argentina memenangi laga final Piala Dunia 2022 melawan Prancis di Stadion Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Lionel Messi terpilih sebagai Pemain Pria Terbaik FIFA 2023 sekaligus mempertahankan gelar yang diraihnya pada 2022.

Dalam seremoni Best FIFA Awards 2023 yang digelar di London, Inggris, Senin (15/1/2024), Messi menjadi yang teratas dalam perolehan suara.

Pemungutan suara melibatkan para pelatih, kapten tim nasional, jurnalis ahli, dan pendukung di seluruh dunia.

Menurut hasil pemungutan suara yang dirilis FIFA, Messi memiliki jumlah poin yang sama dengan penyerang Manchester City dan Norwegia, Erling Haaland, yaitu 48.

Akan tetapi, kapten Timnas Argentina dinobatkan sebagai pemenang setelah mendapatkan suara pilihan pertama yang bernilai 5 poin dari kapten tim nasional, lebih banyak dari Haaland.

Hal ini diputuskan sesuai dengan Aturan Penetapan (pasal 12) yang mengatur jika terjadi perolehan poin yang sama dalam pemungutan suara.

Sementara penyerang Prancis dan Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, menempati posisi ketiga dengan 35 poin.

Adapun Aitana Bonmati terpilih sebagai Pemain Wanita Terbaik FIFA untuk pertama kalinya. 

Bonmati jadi pemenang penghargaan bergengsi ini usai pada 2023 membawa Spanyol meraih gelar dunia perdana mereka, serta membawa Barcelona meraih treble domestik dan Eropa.

Dalam pemungutan suara, Bonmati mengalahkan pesaingnya, Linda Caicedo (Kolombia), dan rekan senegaranya, Jennifer Hermoso.

Mary Earps terpilih sebagai Penjaga Gawang Wanita Terbaik FIFA dua tahun berturut-turut. Ia menjadi pemain pertama dalam sejarah yang memenangi gelar tersebut dua kali beruntun.

Earps tampil memukau ketika Lionesses memenangi Finalissima, dan mencapai final Piala Dunia Wanita FIFA pertama mereka.

Baca Juga: Luis Suarez Berduet Lagi dengan Lionel Messi, Inter Miami Jadi Tempat Reuni Pemain Barcelona



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x