Kompas TV olahraga sports

Jokowi Ucapkan Selamat kepada Timnas eFootball Indonesia usai Juara AFC eAsian Cup Qatar 2023

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 17:06 WIB
jokowi-ucapkan-selamat-kepada-timnas-efootball-indonesia-usai-juara-afc-easian-cup-qatar-2023
eTimnas Indonesia menjadi juara AFC eAsian Cup 2023 setelah mengalahkan Jepang. di Virtuocity Arena, Doha, Qatar, Senin (5/2/2024) malam WIB. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube AFC)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA,  KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap kemenangan Tim Nasional eFootball Indonesia di turnamen AFC eAsian Cup Qatar 2023 menjadi inspirasi bagi atlet esports lain di Tanah Air.

"Semoga prestasi ini menjadi inspirasi dan pemicu semangat bagi para atlet esports lainnya di Indonesia untuk terus berprestasi di kancah internasional," kata Jokowi dalam unggahan media sosial Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

"Selamat Rizky Faidan, Elga Cahaya Putra dan Akbar Paudie atas keberhasilannya menjuarai turnamen AFC eAsian Cup Qatar 2023," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, eTimnas Indonesia menjadi juara AFC eAsian Cup 2023 setelah mengalahkan Jepang.

Dalam laga final turnamen eSport eFootball yang dihelat di Virtuocity Arena, Doha, Qatar, Senin (5/2) malam WIB tersebut, Indonesia yang diperkuat Elga Cahya Putra dan Rizky Faidan sukses menang 2-0 dalam laga berformat best of three

Dalam gim pertama, Jepang dan Indonesia tampil hati-hati dan pertandingan berjalan ketat. Bahkan, babak pertama harus berakhir imbang tanpa gol.

Baca Juga: Puncaki Klasemen Grup D, eTimnas Indonesia Lolos ke 16 Besar AFC eAsian Cup 2023

Berlanjut ke babak kedua, Indonesia sukses mencetak gol lebih dulu pada menit 70 lewat Ramadhan Sananta. 

Akan tetapi, secara dramatis Jepang mampu menyamakan kedudukan menit 90+1 lewat Takefusa Kubo dan memaksa laga berlanjut ke extra time

Selama dua kali babak tambahan, kedua tim gagal mencetak tambahan gol dan gim pertama harus ditentukan lewat babak adu penalti. 

Di babak adu tos-tosan ini, Indonesia menang secara dramatis dengan skor 3-2. 

Pada gim kedua, jalannya pertandingan tidak terlalu berbeda dengan gim perdana. Selama dua babak, kedua tim masih buntu dan gagal mencetak gol. 

Namun, Indonesia berhasil mencetak gol lewat skema tendangan bebas cantik pada menit 97 via kaki Saddil Ramdani. Skor 1-0 Indonesia bertahan hingga waktu berakhir. 

Kemenangan ini menjadikan Indonesia sebagai pemenang perdana eAsian Cup. 

Baca Juga: Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023 usai Ganyang Jepang di Final


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x