Kompas TV olahraga sepak bola

Pelatih Timnas Yordania U-23 Bongkar Strategi Shin Tae-yong: Taktik Transisi Formasi Cepat

Kompas.tv - 23 April 2024, 10:01 WIB
pelatih-timnas-yordania-u-23-bongkar-strategi-shin-tae-yong-taktik-transisi-formasi-cepat
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yongh memperhatikan timnya kalah dari Jepang 1-3 di Stadion Al-Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

DOHA, KOMPAS.TV - Timnas U-23 Indonesia menunjukkan determinasi dan kualitas permainan yang luar biasa, berhasil meraih kemenangan telak 4-1 atas Yordania di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Pelatih timnas U-23 Yordania, Abu Zema, mengakui superioritas Indonesia dalam pertandingan tersebut, terutama dalam hal transisi permainan yang cepat dan efektif.

Baca Juga: Timnas Irak Lolos 8 Besar, Cek Daftar Lengkap Tim Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Pelatih Abu Zema sebagaimana dilansir dari Harian Kompas, mengungkapkan bahwa kecepatan transisi dari bertahan ke menyerang adalah salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh tim asuhan Shin Tae-yong.

Tim Indonesia memulai pertandingan dengan formasi 5-4-1, yang sangat efektif dalam bertahan, dan kemudian beralih ke 3-4-3 ketika mengambil alih bola, membuat mereka sulit untuk dihentikan.

Baca Juga: Hasil Piala Asia U23 2024: Kalahkan Jepang, Korea Selatan Lawan Indonesia di Perempat Final

"Perbedaan kami dengan Indonesia adalah permainan transisi. Dari bertahan ke menyerang, mereka sangat cepat," kata Abu Zema.

Menurut Abu Zema, Timnas U-23 Indonesia tidak hanya menunjukkan keunggulan dalam taktik, tetapi juga dalam pengalaman dan kematangan pemain.

Baca Juga: Performa Marselino Dipuji Media Rival Indonesia, Soroti Kesuksesan Jadi Man of The Match

Banyak dari pemain muda Indonesia telah mendapatkan pengalaman dengan bermain di timnas senior dan bahkan tampil di Piala Asia 2023, yang memberi mereka keunggulan dalam hal pengalaman internasional dan ketenangan dalam menjalankan strategi.

"Indonesia memiliki kontrol penuh atas kami," kata Zema.

Baca Juga: Timnas Indonesia U23 Saat Kalahkan Yordania Bikin Jokowi Terpesona: Mainnya Cantik dan Rapi

Keberhasilan Indonesia di Piala Asia U-23 tidak hanya menyoroti kemampuan individu para pemainnya, tetapi juga efektivitas taktik yang diterapkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Prestasi ini, menurut Zema, menandakan masa depan yang cerah untuk sepak bola Indonesia di tingkat Asia.

Indonesia vs Korea Selatan

Sementara pelatih timnas U-23 Korea Selatan, Hwang Seon-hong, mengungkapkan perasaan terkejutnya saat harus berhadapan dengan Timnas U-23 Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga: Daftar Negara Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Indonesia Bersiap Lawan Korsel/Jepang

"Saya berbicara dengan Shin Tae-yong soal kemungkinan bertemu di perempat final, dan sekarang hal itu menjadi kenyataan," ungkap Hwang Seon-hong seperti dilansir oleh BolaSport.com.

Pertandingan perempat final antara Indonesia vs Korea Selatan akan berlangsung  di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar pada Kamis (25/4/2024) atau Jumat (26/4) dini hari WIB.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x