Kompas TV regional berita daerah

Wisatawan di Yogyakarta Bisa Bantu Pencegahan Penyebaran Covid-19 Lewat Aplikasi Digital Ini

Kompas.tv - 21 Desember 2020, 15:14 WIB
wisatawan-di-yogyakarta-bisa-bantu-pencegahan-penyebaran-covid-19-lewat-aplikasi-digital-ini
Ilustrasi kendaraan wisatawan menuju Malioboro Yogyakarta (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Salah satu cara penerapan protokol kesehatan Covid-19 untuk wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta adalah dengan aplikasi digital. Melalui aplikasi Visiting Jogja, wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta akan semakin merasa aman dan nyaman.

“Penggunaan aplikasi ini untuk mengantisipasi terjadinya antrean pembelian tiket karena bisa reservasi daring dan mencegah kerumunan di destinasi wisata,” ujar Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Senin (21/12/2020).

Selain itu, aplikasi Visiting Jogja juga bisa digunakan untuk mengetahui kapasitas di sebuah objek wisata dan dapat digunakan untuk kepentingan penelusuran atau tracing.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun Kawasan Puncak Diperketat, Wisatawan Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test

Wisatawan di Yogyakarta yang ingin menggunakan aplikasi ini cukup mengunduh dari Play Store lalu memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi, mengisi data diri dan memasukkan jumlah tiket yang ingin dibeli. Setelah itu, QR Code yang diperoleh bisa ditunjukkan kepada petugas loket di destinasi wisata dan melakukan pembayaran secara tunai maupun non-tunai.

Untuk pembayaran non-tunai didukung oleh Bank Indonesia dan BPD DIY melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Pemanfaatan aplikasi ini kami harapkan bisa menekan penyebaran Covid-19 dan membuat wisatawan di Yogyakarta tenang berwisata,” ucapnya.

Baca Juga: Batal ke Bali pada Liburan Akhir Tahun, Wisatawan Belum Tentu ke Yogyakarta

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x