Kompas TV regional berita daerah

Seru! Barista Perang Adu Seduh Kopi V-60

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 15:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bagi anda penyuka kopi, tentunya tidak asing dengan barista atau peracik kopi. Di Kota Semarang, puluhan barista mengikuti kompetisi meracik kopi.

Kompetisi meracik kopi yang digelar oleh sejumlah pemilik kedai kopi di Kota Semarang ini diikuti oleh 36 barista dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, bahkan ada juga yang dari Jakarta. Para peserta beradu skil menyeduh kopi dengan menggunakan alat V-60. Masing-masing peserta kompetisi memiliki teknik seduh yang baik dan benar, bahkan akan menghasilkan cita rasa asli dari kopi yang diolah.

Dipilihnya metode V-60, karena bisa menghasilkan rasa kopi yang benar-benar nikmat. Peserta kompetisi ini harus memperhatikan beberapa faktor seperti biji kopi, suhu air, serta teknik penuangan air. Selain itu, V-60 merupakan alat yang mudah ditemukan, dan hampir seluruh kedai atau cafe kopi memilikinya. Dengan teknik V-60 para pesertta kompetisi bisa lebih banyak menciptakan rasa kopi yang bervariasi.

"Ada 36 peserta, dari Jawa Tengah, ada juga yang dari Jakarta. Sejak awal mereka barista, ya untuk meningkatkan skil," kata Eka Juli Prahono, ketua panitia.

Dari kompetisi ini, diharapkan masyarakat lebih memahami kopi dan lebih mencintai kopi, karena kopi nusantara adalah kopi terbaik di dunia. Di masa pandemi, kompetisi meracik kopi ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni selama kompetisi berlangsung para barista tetap memakai masker.

#barista #kopi #semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x