Kompas TV regional berita daerah

Rayakan Imlek, Tampil Kece Dalam Balutan Baju Cheongsam

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 14:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Layaknya momen spesial lain, momen Tahun Baru Imlek selalu dinanti oleh masyarakat Tionghoa. Baju Imlek cheongsam dan changsan biasanya menjadi pakaian yang dikenakan dalam merayakan Tahun Baru Imlek dalam tradisi warga Tionghoa. Sejumlah perancang busana di Kota Semarang pun menggelar fashion show baju cheongsam modern untuk memberi inspirasi merayakan Tahun Baru Imlek.

Satu persatu model cantik memperagakan busana cheongsam yang di kenakannya. Sesuai dengan perkembangan zaman, banju cheongsam juga melewati berbagai perubahan dan desain meskipun tetap mempertahankan bantuk dan karakter aslinya. Seperti baju cheongsam hasil karya para desainer di Kota Semarang ini perpaduan antara modern dan tradisional, dengan menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan.

Dengan memanfaatkan sudut-sudut ruang di Kelenteng Tay Kak Sie yang merupakan kelenteng tertua di Kota Semarang, para model tampil apik dan terlihat elegan dalam balutan baju cheongsam modern.

Fashion show busana cheongsam ini sengaja digelar oleh Komunitas Empu untuk menyambut Imlek sekaligus berwisata. Fashion show ini hanya digelar selama dua jam saja, agar tidak menganggu umat yang akan beribadah di kelenteng.

"Bersama-sama punya tekad untuk mengangkat banyak seni ya, dari textil terutama tradisional, yang berserat alam maupun bepewarna alam. Untuk menyambut imlek bersama-sama di tempat yang sangat istimewa di Kelenteng Tay Kak Sie yang merupakan salah satu kelenteng tertua di Semarang," kata Leya Cattleya Soeratman, Komunitas Empu.

Pada kesempatan ini para desainer sengaja menampilkan karyanya yang ramah lingkungan untuk mengajak desainer lain untuk mencintai dunia agar tetap terawat.

"Saat ini saya membuat lebih tradisional, model tradisional. Tetapi saya realisasikan dengan bahan tenun dari warna alam, dimana kombinasinya juga pakai warna alam," ujar Agustina Siswanto, desainer.

Pagelaran peragaan busana ini juga sebagai bentuk kebangkitan dunia fashion dari dampak pandemi yang selama ini dirasakan oleh masyarakat termasuk para desainer.

#imlek #kelentengtaykaksie  #semarang

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x