Kompas TV regional peristiwa

Cuaca Ekstrem Hujan Es Melanda Surabaya, Ini Penjelasan Ilmiah BMKG

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 18:56 WIB
cuaca-ekstrem-hujan-es-melanda-surabaya-ini-penjelasan-ilmiah-bmkg
Hujan es yang mengguyur wilayah Surabaya Barat, Jawa Timur, Senin (21/2/2022). (Sumber: Istimewa/Tangkapan layar/Tribunnews.com)
Penulis : Fadhilah | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Hujan es terjadi di Kota Surabaya, Jawa Timur, khususnya bagian barat, hari ini, Senin (21/2/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda Surabaya menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hujan es di Kota Surabaya.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menerangkan, dalam ilmu meteorologi disebut juga dengan hail

"Hail atau hujan es ini adalah presipitasi yang terdiri atas bola-bola es," ujarnya, Senin (21/2/2022), dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Penampakan Hujan Es di Magetan Selama 3 Menit Direkam Warga

Lebih lanjut ia menuturkan, penyebabnya antara lain hujan es berasal dari awan cumulonimbus (Cb).

"Puncak awan Cb dapat menghasilkan butiran es, ketika downdraft atau aliran udara ke bawah dari awan Cb cukup tinggi," beber Teguh.

"Didukung juga suhu permukaan atau daratan cukup dingin. Maka hujan dari awan Cb jatuh dalam bentuk butiran es," sambungnya.

Teguh berpesan kepada masyarakat supaya tidak panik dalam menyikapi peristiwa itu. Diharapkan masyarakat tetap waspada jika terjadi cuaca ekstrem. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x