Kompas TV regional berita daerah

Orang Tua Minta Pemerintah Peduli Anak Down Sydrome

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 14:55 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR,KOMPAS.TV - Beginilah keceriaan Shaquille Ramadhan Nugraha anak berusia tiga puluh empat bulan saat sedang bermain dengan kaka dan ibunya saat berada di rumahnya, di Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Shaquille adalah anak ketiga dari Siti Aisyah dan Yogi Wildan Nugraha. Siapa sangka di dalam keluarga ini ada anak yang kuat dan orang tua hebat yang terus berjuang untuk seorang Shaquille anak ketiganya yang mengalami Down Sydrome sejak usianya satu tahun.  

Sampai kini usia Shaquille tiga puluh empat bulan, Shaquille dan orang tuanya, dalam satu minggu sekali harus melakukan Fisioterapi untuk tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus yang ada di salah satu rumah sakit di Bandung.

Pasalnya, Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Cianjur sangat kekurangan tenaga dan fasilitas kesehatan yang menyediakan terapi tumbuh kembang anak, yakni Fisioterapi, sehingga membuat keluarga Shaquille harus mengeluarkan uang lebih untuk ongkos perjalanan dan biaya terapi Shaquille sebesar lima ratus ribu rupiah tanpa BPJS, dikarenakan berbeda domisili dan tidak sesuai dengan rujukan.

Tidak adanya perhatian  dari Pemerintah terhadap anak dengan kebutuhan khusus, seperti halnya fasilitas kesehatan, membuat orang tua Shaquille  sangat berharap sekali pemerintah membantu dan meminta tolong untuk difasilitasi fasilitas kesehatan untuk anak berkebutuhan khusus, karena bukan hanya Shaquille, di Cianjur anak berkebutuhan khusus sangat banyak dan kesulitan mendapatkan fasilitas kesehatan terapi Fisioterapi yang pengaruhnya sangat besar dan sangat terasa setiap tahapan perkembangan anak,  agar bisa kembali sehat dan hidup seerti anak pada umumya.

Iya juga menjelaskan, Pemerintah sangat tidak peduli dengan anak anak berkebutuhan khusus, para orang tua tidak tahu harus bagai mana meminta agar anak anak berkebutuhan khusus ini bisa mendapatkan kesempatan yang sama.,



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x