Kompas TV regional viral

Dapat Julukan Crazy Rich, Ini Sosok Pengusaha Properti yang Bangun Jalan Desa 1,8 Km di Grobogan

Kompas.tv - 16 April 2022, 18:40 WIB
dapat-julukan-crazy-rich-ini-sosok-pengusaha-properti-yang-bangun-jalan-desa-1-8-km-di-grobogan
Foto Joko Suranto (53), pengusaha properti yang viral dan mendapat julukan crazy rich lantaran mengeluarkan uang pribadi sebesar Rp2,8 miliar untuk membangun jalan rusak di desanya sepanjang 1,8 KM, Sabtu (16/4/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/PUTHUT DWI PUTRANTO NUGROHO)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Nama Joko Suranto, seorang pengusaha properti, viral di media sosial lantaran membangun jalan desa yang puluhan tahun rusak sepanjang 1,8 kilometer.

Netizen menjuluki Joko Suranto sebagai crazy rich asal Kabupaten Grobogan lantaran mengeluarkan kocek pribadi sebesar Rp2,8 miliar untuk membangun jalan beton yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Karangrayung, Grobongan, Jawa Tengah.

Joko terbilang sukses menjalankan bisnis di Jakarta. Pria yang memiliki lima saudara ini awalnya hanya penjual koran.

Baca Juga: Viral Pengusaha Properti Asal Grobongan Bangun Jalan Desa Sepanjang 1,8 KM yang Puluhan Tahun Rusak

Berawal dari jualan koran, Joko Suranto mengadu nasib ke Jakarta. Ia mulai bekerja di sebuah bank. Namun, pekerjaan tersebut tidak lama ditekuninya. 

Joko beralih untuk membangun bisnis sendiri. Ia membangun bisnis properti hingga sekarang dikenal sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Jawa Barat.

Joko Suranto bersama istri dan tiga anaknya tinggal di Bandung, Jawa Barat. Alumnus Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret (UNS) di Solo, Jawa Tengah ini tak melupakan kampung halamannya.

Ia berinisiatif membangun jalan rusak yang menghubungkan kampung halamannya di Desa Jetis dan dua desa lain, yakni Desa Telawah dan Desa Nampu.

Baca Juga: Harus Antre Sampai Berhari-hari, Warga di Grobogan Jateng Keluhkan Langkanya Minyak Goreng!

Joko Suranto tidak menyangka aksinya membangun jalan rusak di desanya viral di media sosial hingga menuai julukan crazy rich asal Grobogan.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x