Kompas TV regional berita daerah

Peternak: Harga Ayam Potong Naik Karena Harga Pakan Naik

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 19:42 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS- Tingginya harga daging ayam potong di pasaran juga terjadi pada penjualan ayam hidup di tingkat peternak. Peternak menyebut, kenaikan harga ayam ini juga dibarengi dengan kenaikan harga pakan.

Di salah satu peternak ayam potong di Kedungkandang Kota Malang ini salah satunya, kenaikan pakan disebut peternak menjadi salah satu penyebab naiknya harga jual ayam hidup dari peternak.

Zainul, salah satu peternak ayam potong menjelaskan. kenaikan harga ayam potong saat ini mampu menutupi biaya produksi yang ikut melambung karena tingginya harga pakan. 

Zainul juga mengaku, jika harga ayam tidak naik, maka kerugian akan dialami oleh peternak karena tidak mampu menutupi biaya produksi. Karena itulah, kenaikan harga ayam potong di pasar hingga Rp 38 ribu rupiah per kilogram cukup membantu peternak.

"Sebenarnya harga ayam naik, harga pakan juga naik. Sebenarnya sama saja, tapi masalah kerugian bisa berkurang” ucap Zainul.

Peternak juga mengaku, kerap kali menanggung kerugian saat harga ayam pptong anjlok, namun biaya operasional dan pakan yang tinggi.

Peternak juga berharap,  harga pakan dan harga jual daging ayam bisa kembali stabil.

#ayampotongmahal #peternakayam




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x