Kompas TV regional peristiwa

Pakar Tata Kota Sebut Citayam Fashion Week Sulit Dipindahkan ke Lokasi Lain, Ini Alasannya

Kompas.tv - 29 Juli 2022, 10:21 WIB
pakar-tata-kota-sebut-citayam-fashion-week-sulit-dipindahkan-ke-lokasi-lain-ini-alasannya
Pakar Tata Kota Universitas Trisakti (Usakti) Nirwono Yoga menerangkan tentang tiga faktor penting dari lokasi Citayam Fashion Week (CFW), Jumat (29/7/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Tata Kota Universitas Trisakti (Usakti) Nirwono Yoga menyebut lokasi Citayam Fashion Week (CFW) yang saat ini di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, sulit dipindahkan ke lokasi lain karena adanya tiga faktor.

Pertama, kegelisahan anak-anak muda yang ingin mereka ekspresikan di ruang publik.

"Kalau enggak ada kegelisahan akan sulit di-copy atau dipindahkan ke tempat lain," kata Nirwono di Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Jumat (29/7/2022).

Ia menjelaskan, CFW merupakan gerakan orisinal yang muncul karena kegelisahan anak-anak muda. Mereka, kata dia, mencari eksistensi diri di ruang-ruang publik.

"Di ruang publik itu lah mereka menunjukkan eksistensi dengan berbagai kegiatan," ujarnya.


 

Kedua, Nirwono menilai lokasi CFW strategis karena mudah dicapai dari daerah lain menggunakan moda transportasi publik dengan ongkos yang relatif murah.

"Sekali jalan biayanya murah, apalagi buat teman-teman dari luar DKI Jakarta," kata dia.

Baca Juga: Bikin Macet, Wagub DKI Jakarta dan Dirlantas Polda usul Citayam Fashion Week Pindah dari Dukuh Atas

Ia menambahkan, lokasi CFW akan sulit dipindahkan ke tempat lain, terutama jika ongkos yang dikeluarkan masyarakat menjadi lebih besar.

"Kalau umpamanya dipindah ke Monas, mereka harus lanjut lagi, apalagi ke lokasi yang diusulkan, beberapa lokasi Pemda DKI, itu juga akan mempengaruhi kemudahan lokasi," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x