Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Lapas Bulu Fashion Show Batik Karya Sendiri

Kompas.tv - 14 November 2022, 12:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setidaknya 8 busana hasil karya sendiri yang diperagakan oleh warga binaan Lapas Perempuan Bulu Semarang, di ajang Fashion Show Batik Ecoprint. Tak hanya warga binaan, petugas lapas juga ikut unjuk kebolehan bergaya bak model, memamerkan busana batik. Mereka pun terlihat piawai berlenggak lenggok di catwalk yang sederhana.

Kegiatan fashion show dan pelatihan desain baju ini difasilitiasi kasi bimbingan kerja Lapas Perempuan Bulu Semarang, Rini Sulistyowati bersama desainer ternama Etin Gartini dalam kegiatan pameran di halaman Lapas Perempuan Bulu Semarang. Warga binaan diberi ketrampilan seperti menggambar pola pakaian agar bisa menjadi baju dengan desain yang menarik.

"Mengembalikan rasa percaya diri, hubungan antar keluarga dan mereka bersosialisasi sebagai makhluk sosial dan semuanya. Tujuannya agar mereka tidak kembali mengulangi perbuatan yang telah dilakukan," ujar Rini Sulistyowati, Kasi Bimbingan Kerja Lapas Perempuan Bulu Semarang.

"Saya menyambut dengan bahagia sekali, ilmunya smabung menyambung. Saya pun berkomunikasi dengan Mba Rini apa yang bisa saya bantu, Mba Rini sendiri fast respon, jadi saya senang bekerja sama dengan beliau," ujar Entin Garniti, desainer.

Pemberian ketrampilan pada warga binaan ini, diharapkan dapat memberikan modal bagi warga binaan untuk diterapkan di masyarakat setelah selesai menjalani masa penahanan di lapas.

#fashionshow #batikecoprint #lapasperempuan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x