Kompas TV regional berita daerah

PTPN XIII Gelar Training Penyusunan Program Kerja Berbasis PICA

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 16:21 WIB
ptpn-xiii-gelar-training-penyusunan-program-kerja-berbasis-pica
PTPN XIII Gelar Training Penyusunan Program Kerja Berbasis PICA (Sumber: PTPN XIII)
Penulis : KompasTV Pontianak

SANGGAU, KOMPAS.TV - PTPN XIII terus berupaya membentuk SDM perusahaan yang memiliki kualifikasi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Perusahaan memandang bahwa kompetensi SDM sebagai modal utama dalam meningkatkan kinerja dan perbaikan secara terus menerus serta berkelanjutan. 

Sebagai salah satu upaya yang dilakukan, perusahaan menggelar Training Penyusunan Program Kerja berbasis PICA (Problem Identification and Corrective Action). Kegiatan yang digelar di PTPN XIII Unit Gunung Meliau dan Ngabang pada 4-5 Januari 2023 ini, dihadiri oleh Manajer, Asisten Kepala, Asisten Afdeling, dan Krani Afdeling Unit Grup Kalimantan Barat.

SEVP Operation I PTPN XIII Khayamuddin Panjaitan mengatakan kegiatan ini digelar bertujuan agar semua asisten mampu mengidentifikasi akar masalah blok per blok, menemukan alternatif solusi dan membuat timeline penuntasan masalahnya.

“Harapannya semoga ini menjadi bekal untuk perbaikan berkelanjutan di PTPN XIII,” ucapnya.

PTPN XIII Gelar Training Penyusunan Program Kerja Berbasis PICA (Sumber: PTPN XIII)

PICA sendiri adalah alat kontrol bagi setiap organisasi dalam mengamati Proses PDCA yang dijalankan sesuai dengan rencana atau masih banyak kendala yang dihadapi.  PICA menjadi bagian dari proses cek dalam PDCA untuk tetap membuat PDCA berkelanjutan dan berkesinambungan. PICA biasanya dirupakan selembar kertas yang berisi Identifikasi Masalah (Problem Identification), Tindakan Penanggulangan (Corrective Action), Due Date (Jadwal Pelaksanaan Perbaikan), dan Person In Charge (Penanggung Jawab).

Dia mengatakan, PTPN XIII harus siap menghadapi tantangan persaingan global dengan menyiapkan SDM yang kompeten dengan mengacu pada SKKNI. Dari kegiatan ini, dia berharap para peserta mampu menyusun program kerja berbasis PICA.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x