Kompas TV regional peristiwa

Pejuang Cinta asal India Gugur: Jauh-Jauh Terbang ke Kabupaten Wajo, Ditolak Calon Mertua

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 21:46 WIB
pejuang-cinta-asal-india-gugur-jauh-jauh-terbang-ke-kabupaten-wajo-ditolak-calon-mertua
Asib Ali Bhore, pemuda India yang ditolak lamarannya oleh orang tua gadis Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. (Sumber: Abdul Haq Yahya Maulana T./Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

SENGKANG, KOMPAS.TV - Asib Ali Bhore, pemuda 32 tahun asal India, mesti menelan pil pahit usai lamarannya ditolak calon mertua kendati sudah pergi jauh ke Desa Watangrumpia, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Lamaran Asib dikabarkan ditolak karena kekasihnya sudah dijodohkan dengan pria lain.

Sedianya, Asib hendak merencanakan pernikahan dengan Syarifah Khairunnisa, gadis Kabupaten Wajo yang berusia 28 tahun. Asib mengaku berkenalan dengan Syarifah melalui media sosial lalu menjalin hubungan selama setahun.

Baca Juga: Departemen Pajak India Gerebek Kantor BBC Usai Rilis Dokumenter Peran Modi di Kerusuhan Sektarian

Akan tetapi, sesampainya di Kabupaten Wajo, orang tua Syarifah menolak lamaran pemuda asal negara bagian Uttar Pradesh itu.

Orang tua Syarifah menyebut putrinya sudah dijodohkan dengan seorang pria asal Palu, Sulawesi Tengah.

"Lamarannya ditolak karena ternyata sebelumnya telah ada pria asal Palu yang datang melamar, bahkan maharnya 50 juta dan hajatannya akan dilangsungkan setelah lebaran Idul Fitri," kata Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Dinas Kesbangpol Kabupaten Wajo Nurpanca saat dimintai keterangan oleh Kompas.com, Senin (20/2/2023).

Kecewa, Asib kemudian mendatangi Mapolres Wajo. Pihak kepolisian pun menggelar mediasi antara Asib dan keluarga Syarifah.

Asib Ikhlas dan Doakan Syarifah Bahagia

Saat mediasi, orang tua Syarifah kembali menegaskan mereka menolak lamaran Asib karena ada pria lain yang melamar lebih dulu. Setelahnya, Asib menuntut agar uang Rp9 juta yang sempat ditransfer ke rekening Syarifah, dikembalikan.

Pria asal India itu juga meminta seluruh biaya yang dikeluarkannya untuk terbang mendatangi Syarifah di Indonesia, diganti.

"Asib ini menuntut ganti rugi seluruh biaya yang telah dikeluarkan, tapi pihak keluarga perempuan hanya menyanggupi 10 juta," kata Nurpanca.

Mediasi dilaporkan berlangsung alot. Pada akhirnya, Asib pilih mengikhlaskan uang sekaligus gadis pilihannya. Bahkan, Asib mendoakan agar Syarifah berbahagia.

Asib sendiri diketahui telah memesan tiket penerbangan kembali ke India pada 14 Maret mendatang. Setelah dimediasi Polres Wajo, pemuda India itu disebut pergi menuju Makassar.

Kasat Intelkam Polres Wajo AKP Amdia menyebut pihaknya tidak mengetahui keberadaan Asib saat ini. Belum diketahui apakah Asib langsung pulang ke India atau masih berada di Indonesia.

"Kalau saya lihat tiket pesawatnya ke India terjadwal tanggal 14 Maret 2023, jadi setelah meninggalkan Polres langsung ke Makassar katanya mau ke Bandara Sultan Hasanuddin. Kami juga belum dapat info apakah langsung kembali ke India atau ke Jakarta dulu," kata Amdia.

Baca Juga: Love Language Dapat Diungkapkan pada Diri Sendiri, Berikut 5 Jenis Bahasa Cinta


 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x