Kompas TV regional berita daerah

Seniman Purworejo Peringati 120 Tahun WR Soepratman

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 18:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PURWOREJO, KOMPAS.TV - Sejumlah seniman memainkan pentas mini teatrikal berjudul Balada Perjuangan Seorang Wage. Pentas ini memadukan unsur musik seperti gitar, perkusi, biola serta aksi teatrikal.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati 120 Tahun WR Soepratman, yang lahir di Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo pada Tahun 1903.

Peringatan yang diadakan di Omah Srotong Srawung Sitanjung Purworejo ini juga melibatkan pelukis sketsa.

Menurut soekoso, seniman setempat, WR Soepratman merupakan tokoh istimewa tak hanya bagi Purworejo tapi juga bagi Indonesia secara keseluruhan. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mengenang jasa pahlawan yang menciptakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

“Hari ini kita gunakan untuk mengingat kembali perjuangan componist kita WR Supratman, dengan perjuangan nya melalui musiknya sehingga dengan sampe hari ini lagu kebangsaan masih harus kita apresiasi sebagai wujud perjuangan Nasional,” ucap Soekoso DM, seniman.

Soekoso juga mengoreksi Hari Musik Nasional bukanlah 9 Maret namun seharusnya 19 Maret, mengacu hari lahirnya WR Soepratman. Peringatan 120 Tahun kelahiran WR Soepratman ini juga diharapkan bisa menginspirasi generasi muda Indonesia untuk menghargai jasa-jasa para tokoh bangsa.

#wrsoepratman #harimusiknasional #seniman 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x