Kompas TV regional sulawesi

Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Budidaya Kacang Sacha Inchi,Tanaman Kaya Manfaat

Kompas.tv - 4 April 2023, 22:18 WIB
satgas-yonif-raider-khusus-136-ts-budidaya-kacang-sacha-inchi-tanaman-kaya-manfaat
Program penanaman Kacang Sacha Inchi ini merupakan salah satu program SMKN Yembun sebagai motor penggerak pertama kali di kabupaten Tambrauw bahkan di provinsi Papua Barat Daya (Sumber: Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Pos Yembun)
Penulis : KompasTV Makassar

PAPUA BARAT DAYA, KOMPAS.TV - Tanaman kacang sacha inchi atau yang biasa dikenal dengan sebutan kacang bintang (Plukenetia Volubilis), kacang yang berasal dari hutan tropis Amazon, Kacang sacha inchi sangat kaya akan asam lemak seperti omega 3, omega 6 dan omega 9 yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak. Selain itu kacang inchi memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Senin  (3/4/2023).

Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Pos Yembun, bersama pihak sekolah SMK Yembun bersama-sama melaksanakan program pencanangan dalam membuka lahan yang dari awalnya semak belukar yang berada di belakang sekolah SMK Negeri Yembun dan pada akhirnya bisa digunakan untuk membuka lahan perkebunan Kacang Sacha Inchi tersebut.

Program penanaman Kacang Sacha Inchi ini merupakan salah satu program SMKN Yembun sebagai motor penggerak pertama kali di kabupaten Tambrauw bahkan di provinsi Papua Barat Daya, dalam membudidayakan tanaman tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan bisa membantu perekonomian masyarakat terkhusus di Distrik Yembun.

Agustinua Yulianus Naa, S.Pd kepala sekolah mengucapkan terimakasih atas partisipasi personil Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS bisa membantu kami untuk mempercepat pembukaan lahan serta bisa bersama membudidayakan tanaman kacang sancha ichi.

Dengan proses yang cukup lama mulai dari pembukaan lahan sampai dengan penanaman bibit kacang Sacha Inchi personil Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS antusias membantu menyukseskan progam pemerintah setempat dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi masyarakat distrik Yembun dengan cara menanam kacang Sacha Inchi tersebut.

Dalam keterangannya Danpos Yembun Lettu Inf Firsan Hadly Kita berkerja hanya membantu masyarakat menjadi maju dalam hal ekonomi dan kami juga bisa belajar dalam hal penanam kacang Sacha Inchi karena kacang Sacha Inchi ini baru beberapa tahun masuk ke Indonesia dan mungkin hal ini kecil kami lakukan tapi kami berharap dengan hal ini masyarakat lebih tertarik lagi dalam pengembangan produksi kacang Sacha Inchi.

Kacang Sacha Inchi bisa panen kapan pun karena tanamannya tidak mengenal musim, Cukup sekali tanam tapi panennya bisa berkali-kali, masa panennya pun bisa puluhan tahun, seperti halnya tanaman vanila atau lada (merica).

Biji kacang sancha inchi ini bisa diolah jadi minyak dengan harga yang mahal untuk pasar ekspor. Biji kacang sacha inci bisa diolah jadi obat maupun kosmetik. Juga potensi sebagai bahan baku super food.

“Kacang sacha inchi bisa tumbuh subur di Indonesia. Mungkin karena iklimnya sama dengan Amazon (tropis). Ujarnya.



#kacangsacha
#ladamerica
#budidaya



Sumber : Kompas TV Makassar



BERITA LAINNYA



Close Ads x