Kompas TV regional sumatra

Bima TikToker yang Kritik Pemprov Lampung Ngaku Keluarganya Diintervensi, Ini Penjelasan Polisi

Kompas.tv - 15 April 2023, 02:15 WIB
bima-tiktoker-yang-kritik-pemprov-lampung-ngaku-keluarganya-diintervensi-ini-penjelasan-polisi
Tangkapan layar pemilik akun TikTok Awbimax Reborn, Bima Yudho Saputro yang menuai sorotan publik lantaran mengkritik infrastruktur dan layanan pendidikan di Pemprov Lampung. (Sumber: TikTok/Awbimax Reborn)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Pemilik akun TikTok Awbimax Reborn, Bima Yudho Saputro menuai sorotan publik lantaran mengkritik infrastruktur dan layanan pendidikan di Pemprov Lampung.

Buntut dari kritikan Bima, kedua orang tuanya malah mendapat masalah. Lewat Instagram story, Bima bercerita, sang ibu didatangi polisi saat tengah berada di kantor.

Bima bahkan mengunggah foto polisi tersebut tengah berada di kantor sang ibu.

Ayah Bima yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dipanggil oleh Bupati Lampung Timur. Tak hanya itu, ada juga polisi yang datang ke rumah Bima menanyakan soal data identitasnya.

Baca Juga: Penampakan Barang Bukti Senjata Api Rakitan Teroris di Lampung yang Disita Densus 88

"Bokap gue dibilang sama bupati gak bisa mendidik, salah mendidik anak, blablabla. Intinya gue itu nggak boleh kritik lagi," ujar Bima dalam Instagram story @awbimax, dikutip Jumat (14/4/2023).

"Bokap gue diancam loh, masa kayak gini banget sih? Gue cuman mau ngritik doang, loh. Cuman mau ngasih kritikan," ucap Bima sambil terisak.

Kapolres Lampung Timur AKBP M Rizal Muchtar menjelaskan, kedatangan anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Raman Utara ke kediaman Bima merupakan bagian tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Menurut Rizal, langkah itu ditempuh sebagai antisipasi keamanan keluarga Bima. Terlebih, kritik yang dilontarkan Bima melalui media sosial menjadi viral dan mendapat perhatian publik. 

Baca Juga: Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Ikut Titip Mahasiswa Lolos Fakultas Kedokteran Unila

"Ini kan upaya untuk memastikan keamanan masyarakat, kita tidak tahu apakah ada orang yang nantinya tidak suka, lalu ada hal yang tidak diinginkan. Makanya kita mengupayakan keamanan mereka," ujar Rizal dikutip dari Tribunlampung.com

Rizal membantah informasi yang menyebut keluarga Bima dipanggil oleh pihak kepolisian. Informasi yang benar adalah kepolisian berkunjung ke rumah orang tua Bima. 

"Jadi kalau dipanggil kepolisian, itu tidak benar. Tapi Kapolsek dan Bhabinkamtibmas menyambangi kediaman mereka. Memang Kapolsek dan Bhabinkamtibmas ini kenal baik dengan kedua orangtuanya Bima," ujar Rizal. 

"Itu hanya rutinitas biasa saja. Hanya singgah, sembari memastikan situasi aman dan kondusif," sambungnya. 


 

Di kesempatan berbeda, Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo membantah jika dirinya memanggil orang tua Bima. 

Ia juga menjamin, jika Pemerintah Kabupaten Lampung Timur tidak melakukan intervensi atau hal yang mengganggu Bima beserta keluarga. 

"Saya tidak pernah bilang ke Pak Juli (ayah Bima) yang tidak baik, apalagi sampai bilang tidak bisa mendidik (anaknya)," ujar Dawam. 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x