Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Indahnya Toleransi, Kelenteng di Pati Sediakan Menu Buka Puasa

Kompas.tv - 17 April 2023, 15:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PATI, KOMPAS.TV - Beginilah suasana Kelenteng Hok Tik Bio, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menjelang waktu berbuka puasa. Setiap hari Senin dan Kamis, Kelenteng Hok Tik Bio menyediakan ratusan porsi makanan gratis bagi umat muslim untuk berbuka puasa.

Keberagaman dan kerukunan umat beragama sangat terasa di kelenteng ini. Dimana, warga Tionghoa bersama umat muslim bahu membahu menyiapkan aneka menu makanan berbuka puasa bagi yang menjalankan ibadah puasa.

Tidak hanya itu, warga yang berbuka puasa di kelenteng juga dihibur dengan alunan musik rebana sambil menunggu waktu berbuka puasa. Makanan gratis yang disediakan Kelenteng Hok Tik Bio disambut baik oleh warga yang kebetulan melintas dan hendak berbuka puasa.

“Saya dari kerja, kebetulan lewat sini ada warung kelenteng ini. Mungkin ada teman-teman musafir atau yang baru lewat sini, bisa mampir ke Kelenteng Hok Tik Bio ini untuk berbuka puasa,” ucap Nurcholis, warga.

Sementara itu, menurut pengurus Kelenteng Hok Tik Bio, kelenteng merupakan bagian dari kebudayaan yang mengedepankan pluralisme dan saling menghargai antarumat beragama. Oleh karena itu, kegiatan ini dirasa menjadi momen yang tepat untuk menghargai umat muslim yang tengah menjalankan puasa.

“Silakan untuk warga yang berbuka puasa, Kelenteng Hok Tik Bio tiap tahun pasti menydiakan makanan gratis untuk berbuka puasa,” ujar Eddy Siswanto, Ketua Kelenteng Hok Tik Bio.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, diharapkan dapat terus memupuk kerukunan antaretnis dan juga antarumat beragama, utamanya di Kabupaten Pati.

#ramadan #bukapuasa #takjil



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x