Kompas TV regional sulawesi

Pihak Universitas Negeri Makassar Bantah Temuan Bunker Narkoba di Kampus: Hanya Brankas Kecil

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 10:10 WIB
pihak-universitas-negeri-makassar-bantah-temuan-bunker-narkoba-di-kampus-hanya-brankas-kecil
Foto ilustrasi. Pihak Universitas Negeri Makassar (UNM) di Parangtambung Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) membantah temuan bunker narkoba di kampus, Sabtu (10/6/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pihak Universitas Negeri Makassar (UNM) di Parangtambung Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) membantah temuan bunker narkoba di kampus.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNM Prof Andi Muhammad Idkhan membantah adanya bunker narkoba di kampusnya.

Temuan tersebut, kata dia, dari pengamatan langsung hanya brankas kecil yang ditanam di dalam salah satu ruangan sekretariat lembaga Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS). 

Ia menegaskan, ruangan yang sudah tidak terpakai sejak pandemi COVID-19 tersebut bukan bunker. 

"Ruangan itu mulai kosong semenjak pandemi. Sejak itu sudah dikosongkan," terang Idkhan, Sabtu (10/6/2023).

"Setelah kejadian yang kami dapatkan ini, pada hari itu juga kami melakukan rapat koordinasi dengan seluruh wakil dekan III, dan melakukan penyisiran secara tertutup," imbuhnya.

Baca Juga: Temuan Bunker Narkoba di Kampus Ternama Makassar, Granat: Polisi Transparan, Jangan Dibuka Setengah

Idkhan menambahkan, penutupan kampus, yang disebut-sebut akibat temuan bunker narkoba, itu sebenarnya sudah biasa dilakukan setiap hari libur, Sabtu dan Minggu.

"Kalau hari Senin, ada perkuliahan tetap kita buka, tapi keamanan tetap kita melakukan pemantauan secara mendalam," terangnya.

"Tidak ada gangguan sama sekali terhadap proses perkuliahan. Hanya saja, pemberitaan itu membuat mahasiswa was-was juga," lanjut dia.


Sementara itu, ia mengatakan bahwa pihak Rektorat UNM akan segera melakukan penyelidikan terhadap oknum yang membawa barang diduga narkotika di lingkungan kampus tersebut hingga membuat nama baik universitas itu menjadi tercemar.

"Soal oknum pelaku, ini yang perlu dipertegas, apakah ada oknum yang memang sengaja untuk mencemarkan nama baik universitas. Itu juga yang akan kami lakukan penyelidikan di kampus," tuturnya dikutip dari Antara.

Ia berharap, hasil penyelidikan dari internal kampus itu akan bisa diketahui siapa saja yang menjadi bagian dari mereka dan merusak masa depan mahasiswa hingga berdampak pada citra kampus, dan bila ditemukan, pihaknya pun siap membantu dan akan menyerahkan kepada kepolisian agar diproses hukum.

"Mudah-mudahan itu kita bisa dapatkan juga, siapa yang melakukan itu," katanya.

Baca Juga: Polisi Sebut Ada Kampus di Makassar Jadi "Bunker" Narkoba, Dikendalikan Bandar di Lapas

Meskipun peristiwa itu menimpa kampus UNM, kata dia, pihaknya akan menyampaikan materi semacam edukasi kepada mahasiswa bahwa kegiatan perkuliahan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Meski demikian, pihak rektorat UNM tetap melakukan koordinasi dengan pihak keamanan untuk memberikan penjelasan kepada mahasiswa, sehingga proses perkuliahan bisa berjalan dengan baik.

 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Opini

KAISAR

20 Mei 2024, 07:07 WIB

Close Ads x